kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,72   -0,58   -0.06%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Hanya di Papua, Jokowi Instruksikan Pembangunan Creative Hub di Sejumlah Daerah


Selasa, 21 Maret 2023 / 19:58 WIB
Tak Hanya di Papua, Jokowi Instruksikan Pembangunan Creative Hub di Sejumlah Daerah


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk kembali membangun ruang kreatif (creative hub) di sejumlah daerah di Tanah Air.

Hal tersebut berkaca dengan adanya peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH), Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Selasa, 21 Maret 2023. Pasalnya melalui PYCH generasi muda di Tanah Papua memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri.

Jokowi menginginkan agar generasi muda di daerah lainnya juga memiliki kesempatan yang sama.

"Tadi saya perintah agar ini tidak hanya di Papua saja, tapi dibuat juga di NTT, di Maluku, Aceh, mungkin dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan keinginan-keinginan anak muda yang ada di provinsi-provinsi tadi," ujar Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/3).

Baca Juga: Megawati Bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Bahas Pemilu 2024

Menurutnya, PYCH memberikan wadah yang lengkap pada anak muda disana. Mulai dari yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, industri-industri grafik, aplikasi platform, fashion, musik hingga fotografi.

Ia menegaskan, pemerintah akan mendukung secara penuh pembangunan creative hub di sejumlah daerah di Tanah Air. Ia meyakini creative hub dapat memberikan manfaat nyata bagi generasi muda di seluruh Tanah Air.

"Ini bukan masalah anggaran, ini karena kita melihat sesuatu yang bagus, yang direspons oleh anak-anak muda dengan sangat cepat, sangat baik, kenapa enggak kita copy ke provinsi yang lain?" ucapnya.

Jokowi menyampaikan alasan pemerintah membangun Papua Youth Creative Hub. Pemerintah ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda di Tanah Papua untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di sejumlah bidang.

Diharapkan PYCH tidak hanya memberikan kesempatan kepada generasi muda Papua untuk meningkatkan kreativitas di berbagai bidang, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Kita harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," ucap Presiden.

Sebagai informasi, Papua Youth Creative Hub berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura.

PYCH Dibangun di atas lahan seluas 15.000 m², memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 m² dan bangunan penunjang 1.812 m². Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan konsultan PT Yodya Karya (Persero) KSO PT. Mandiri Cakti Consultindo.

“Nilai kontrak bagi pembangunan PYCH sebesar Rp 95,05 miliar bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan sejak September 2021 hingga Desember 2022,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Pembangunan PYCH meliputi gedung utama, dormitory, sport venue, hall untuk pameran atau presentasi, dan co-working space.

Diharapkan, PYCH dapat menjadi motor penggerak dan berfungsi sebagai pusat pengembangan talenta-talenta muda di Papua. Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas bagi generasi muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hadiri Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×