kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak hadir di Istana, SBY rayakan HUT RI di Singapura


Jumat, 17 Agustus 2018 / 18:57 WIB
Tak hadir di Istana, SBY rayakan HUT RI di Singapura
ILUSTRASI. Susilo Bambang Yudhoyono


Sumber: Kompas.com | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono kembali absen dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). Padahal, para mantan presiden dan wakil presiden diundang dan hadir ke acara tersebut.

Pantauan Kompas.com, hadir Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ketiga BJ Habibie, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz, dan Wakil Presiden kesebelas Boediono.

Hadir pula istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, hingga putra bungsu Presiden kedua Soeharto, Hutomo Mandala Putra.

Rupanya, SBY tak hadir di Istana karena menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, yang terletak di Jalan Chatsworth 7, Singapura.

Seperti dilaporkan kantor berita Antara, kehadiran SBY tersebut sontak membuat masyarakat yang menghadiri upacara bendera menjadi riuh. Mereka langsung menyerbu mobil yang membawa SBY tersebut. Masyarakat tetap mengerubuti SBY hingga ke dalam kantor KBRI.

SBY menggunakan batik lengan panjang berwarna merah. SBY hadir usai pelaksanaan upacara bendera dan disambut langsung Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya.

Turut hadir bersama SBY, sejumlah petinggi Partai Demokrat lainnya seperti Syarief Hasan dan Amir Syamsuddin. "Pak SBY kebetulan ada keperluan di sini dan mampir ke sini untuk menyapa rakyat Indonesia di Singapura," kata Waketum Demokrat, Syarief Hasan.

Syarief menambahkan, tidak ada agenda politik yang dilakukan SBY di Singapura, hanya semata ada keperluan pribadi. Sejak lengser dari posisi Presiden dan digantikan Jokowi pada 2014, SBY memang hampir selalu absen dalam upacara kemerdekaan di Istana atau pun sidang tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen.

SBY hanya menghadiri peringatan kemerdekaan di Istana pada tahun 2017 lalu. Saat itu, datang bersama istrinya, Ani Yudhoyono, serta kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.(Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Absen Upacara di Istana, SBY Rayakan HUT RI di Singapura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×