kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 1,93%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taipan Aguan Membawa Gerbong Konglomerat ke Proyek IKN, Ini Daftar Lengkapnya


Selasa, 19 September 2023 / 12:46 WIB
Taipan Aguan Membawa Gerbong Konglomerat ke Proyek IKN, Ini Daftar Lengkapnya
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT. Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) Sugianto Kusuma (berdiri)KONTAN/Baihaki/15/9/2023


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para konglomerat mulai menggarap pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Para investor tersebut akan mulai membangun hotel, rumah sakit, mal, dan fasilitas lainnya.

Konsorsium Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusuma alias Aguan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada minggu ini.    

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyampaikan bahwa rencanannya proses groundbreaking akan berlangsung antara tanggal 22 - 23 September 2023.

“(Groundbreaking) Tentatif antara tanggal 22 atau 23 September,” tutur Bambang kepada awak media, Senin (18/9).

Agung Sedayu menggarap sejumlah proyek mixed used development berupa mall, hotel hingga perkantoran, yang direncanakan melakukan groundbreaking pada 21 September 2023.

Agung Sedayu tidak sendirian. Perusahaan ini membawa gerbong konglomerat lainnya di proyek IKN.

Mengacu pada bahan paparan OIKN yang diterima Kontan.co.id, anggota konsorsium Agung Sedayu Group tersebut terdiri dari 10 perusahaan raksasa yang bergerak pada beragam sektor. Diantaranya, Agung Sedayu Group milik Aguan, Salim Grup milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto dan Djarum milik Budi Hartono.

Kemudian, Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, hingga Astra Group milik Soeryadjaya.

Selain Konsorsium Agung Sedayu Group, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) juga akan melangsungkan groundbreaking pembangunan tempat pelatihan sepak bola berstandar FIFA di IKN yang direncanakan pada 22 September 2023.

Kemudian, pada hari yang sama akan juga dilakukan groundbreaking rumah sakit bertaraf internasional yang akan digarap oleh PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) atau RS Hermina.

Lalu di 22 September 2023, akan dilakukan penandatanganan MOU oleh PT Pertamina (Persero) terkait Pembangunan Pertamina Research Center for Sustainable Green Energy.

Selanjutnya: 3 Film Bioskop Baru yang Siap Tayang Pekan Ini

Menarik Dibaca: Resep Eomuk Korean Fish Cake, Jajanan Kaki Lima yang Sering Muncul di Drakor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×