kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Syarat Baru Buat SIM, Ini Biaya Tes Psikologi


Rabu, 26 Januari 2022 / 09:26 WIB
Syarat Baru Buat SIM, Ini Biaya Tes Psikologi
ILUSTRASI. Syarat Baru Buat SIM, Ini Biaya Tes Psikologi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Surabaya. Tes psikologi menjadi syarat baru untuk membuat surat izin mengemudi (SIM). Lalu, berapa biaya tes psikologi untuk buat SIM?

Tes psikologi menjadi syarat baru untuk buat SIM ini sesuai Pasal 81 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Disebutkan bahwa pemilik SIM harus memenuhi syarat kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Meski begitu, tes psikologi bukan pengujian untuk mengetes kemampuan berkendara seseorang. Oleh sebab itu tes teori dan tes praktik tetap akan jadi unsur utama dalam memastikan seseorang layak memiliki lisensi berkendara. "Jadi sebenarnya tes psikologi hanya untuk membuktikan pemohon SIM ini sehat secara rohani," kata Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKP Ady Nugroho, kepada Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Mengenai biaya tes psikologi sebagai syarat buat SIM, Ady menuturkan bahwa pihak kepolisian tidak punya wewenang mematok angka pasti mengingat tes psikologi tidak termasuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga: Siap-siap, Pemohon SIM A dan SIM C Wajib Tes Psikologi

Maka dari itu, umumnya tes psikologi bagi pemohon SIM dilakukan oleh pihak ketiga penyedia layanan yang sudah direkomendasikan oleh Polri sesuai Peraturan Polri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penandaan Surat Izin Mengemudi. "Karena memang tidak tertuang di Perkap (yang mengatur PNBP untuk Polri), makanya tes psikologi dilakukan oleh lembaga independen," ucap Ady.

Melansir Kompas.com, biaya melakukan tes psikologi untuk syarat buar SIM umumnya dipatok sebesar Rp 50.000 untuk satu pemohon SIM. Namun jika satu pemohon mengajukan penerbitan dua jenis SIM sekaligus, biaya tes psikologi untuk buat SIM menjadi Rp 75.000.

Itulah biaya tes psikologi buat SIM. Jadi, siapkan dana lebih saat buat SIM.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Biaya Tes Psikologi untuk Pemohon SIM?",

Penulis : M. Adika Faris Ihsan
Editor : Aditya Maulana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×