kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Survei SMRC prediksi 22 nama ini masuk bursa calon presiden 2019


Minggu, 08 Juli 2018 / 17:51 WIB
Survei SMRC prediksi 22 nama ini masuk bursa calon presiden 2019
ILUSTRASI. Halalbihalal Jokowi


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendaftaran calon Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah 4 – 10 Agustus 2018. Ini artinya hanya tinggal satu bulan lagi dipastikan masyarakat akan mengetahui bakal calon Presiden Republik Indonesia.

Berdasarkan survey Saiful Mujani Reasearch and Consulting (SMRC), ada beberapa kandidat yang diprediksi akan mendaftar untuk menjadi bakal calon Presiden Indonesia. Ada 22 nama bakal calon presiden yang diprediksi akan mendaftar sebagai calon presiden RI 2019.

Nama-nama tersebut antara lain, Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Budi Gunawan, ChairulTanjung, Gatot Nurmantyo, Grace Natalie, Joko Widodo(Jokowi), M Romahurmuziy, M SohibulIman, M YusrilIhza Mahendra, M Zainul Majdi, M Jusuf Kalla, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Said Aqil Siradj, Sri Mulyani Indrawati, Syafruddin dan Zulkifli Hasan.

SMRC menetapkan prediksi calon-calon ini berdasarkan opini kalangan elite, informasi media massa dan masyarakat. Menurut SMRC, ketiga golongan tersebut dinilai sangat tahu informasi yang beredar dikalangan terbatas, politisi dan teknokrat senior, intelektual nasional dengan reputasi luas, pengusaha yang masuk kelompok papan atas (masuk dalam 50 orang terkaya).

Total elite yang menjadi sample berjumlah 12 orang. Untuk opinion leader atau orang-orang yang banyak ikut bersuara dan membentuk pendapat public seperti pengamat, intelektual, atau peneliti yang biasa terekspos ke media massa, para pimpinan redaksi media massa berjumlah 93 orang. Dan untuk jumlah masyarakat yang mengikuti survey adalah 2206 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×