kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei SMRC: Elektabilitas PDI-P Teratas, Gerindra, PKB dan Golkar Membanyangi


Sabtu, 03 September 2022 / 21:09 WIB
Survei SMRC: Elektabilitas PDI-P Teratas, Gerindra, PKB dan Golkar Membanyangi
ILUSTRASI. Jika pemilu dilakukan sekarang, hasil survei yang diselenggarakan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, PDI Perjuangan menjadi partai politik dengan perolehan suara tertinggi.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilu masih akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun, jika pemilu dilakukan sekarang, hasil survei yang diselenggarakan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, PDI Perjuangan menjadi partai politik dengan perolehan suara tertinggi jika pemilihan umum (pemilu) digelar saat survei berlangsung.

"Jika pemilihan umum diadakan sekarang, PDI-P akan mendapatkan suara terbanyak, 24,8%," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam siaran pers, Sabtu (3/9).

Sementara itu, posisi di bawah PDI-P diperebutkan oleh Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Golkar.

Baca Juga: Survei PRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Disusul Anies dan Prabowo

Gerindra tercatat memiliki elektabilitas 11%, PKB (9,5%), dan Golkar (9,1%).

Di luar empat partai di atas, ada dua partai yang memiliki elektabilitas di atas ambang batas parlemen 4%, yakni Partai Demokrat (6,6%) dan Partai Keadilan Sejahtera (4,1%).

Sementara itu, elektabilitas empat partai lainnya berada di bawah 4% yaitu Partai Nasdem (3,5%), Partai Perindo (3%), Partai Persatuan Pembangunan (2,7%), dan Partai Amanat Nasional (1,9%).

"Sedangkan partai-partai lain mendapatkan suara di bawah 1%. Masih ada 21,7% yang belum menentukan pilihan," ujar Deni.

Survei ini dilaksanakan pada 5-13 Agustus 2022 dengan melakukan wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden yang diilih secara acak. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% dengan asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Bursa Capres 2024 Panas, Elektabilitas Prabowo vs Ganjar Unggul di 3 Survei Juni 2022

Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei SMRC: Elektabilitas PDI-P Teratas, Peringkat Dua Diperebutkan Tiga Partai".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×