kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei LSI: Elektabilitas PDI-P Teratas, Diikuti Golkar, Gerindra, Demokrat


Senin, 05 September 2022 / 05:44 WIB
Survei LSI: Elektabilitas PDI-P Teratas, Diikuti Golkar, Gerindra, Demokrat
ILUSTRASI. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki elektabilitas tertinggi


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki elektabilitas tertinggi jika pemilihan umum (pemilu) digelar saat ini. Posisi PDI-P diikuti Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrat.

"PDI-P masih memperoleh suara tertinggi, dukungan tertinggi kalau pemilu diadakan sekarang yaitu di kisaran 26,6%, diikuti Golkar, Gerindra dan Demokrat," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis survei, Minggu (4/9).

Berdasarkan survei tersebut, Golkar berada di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan 11,7%, diikuti Gerindra dengan 9,9% dan Demokrat 8,7%.

Baca Juga: Harga BBM, Survei LSI: Sebanyak 58,7% Responden Tidak Setuju

Djayadi menilai, dari ketiga partai di bawah PDI-P itu, Partai Golkar dan Gerindra bersaing ketat untuk berada di posisi kedua.

"Jadi tempat kedua, ketiga dan keempat ini masih diperebutkan cukup sengit antara tiga partai, sementara ini antara Golkar, Gerindra dan Demokrat," kata Djayadi.

"Tempat kedua saya kira perebutannya cukup sengit antara Golkar dan Gerindra," ujarnya.

Sementara itu, di posisi kelima, lanjut Djayadi, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 6,6%, Partai Keadilan Sejahtera dengan 6,0% dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 4,2%.

Selanjutnya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan 4,0%, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan 2,3%, Partai Amanat Nasional (PAN) 2% dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1,2%.

Selain itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 0,4%, Partai Beringin Karya (Berkarya) 0,4 persen, Partai Garda Perubahan (Garuda) 0,1% dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP) 0,1%.

"Belum ada satu pun partai baru yang memperoleh suara yang signifikan. Partai luar parlemen seperti Perindo dan PSI juga masih belum memperoleh angka yang cukup menonjol," papar Djayadi.

Survei ini dilakukan pada 13-21 Agustus terhadap 1.220 responden menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca Juga: Pilpres 2024, Prabowo dan Puan Maharani Buka Peluang Berpasangan

Penulis : Irfan Kamil
Editor : Kristian Erdianto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI: Elektabilitas PDI-P Teratas, Diikuti Golkar, Gerindra, dan Demokrat".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×