kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Anies dan Prabowo Beda Tipis


Minggu, 22 Januari 2023 / 18:55 WIB
Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Anies dan Prabowo Beda Tipis
ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih berada di posisi teratas jika pemilihan presiden (pilpres) diselenggarakan hari ini. Demikian hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dipublikasikan, Minggu (22/1).

Hal itu diketahui dari hasil survei nasional yang dilakukan pada 7-11 Januari 2023 kepada 1.221 responden melalui metode random digit dialing (RDD).

Elektabilitas Ganjar yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu berada di angka 27,2%.

Sementara itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di angka 16,8%. Anies bersaing ketat dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas sebesar 16%.

"Seperti biasa yang unggul adalah Ganjar Pranowo 27%, diikuti oleh Anies Baswedan sekitar 17%, lalu Prabowo Subianto 16%," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam pemaparan hasil survei, Minggu (22/1/2023).

Baca Juga: Survei Charta Politika: Jika Gandeng Prabowo, Ganjar Berpeluang Menang Satu Putaran

Selain ketiga nama tersebut, kata Djayadi, ada juga nama Guburnur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,2% dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 2,4%.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dengan 2,1% dan Gubernur Jawa Timur dengan Khofifah Indar Parawansa dengan 1,8% dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di angka 1,3%.

Selanjutnya, ada nama Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dengan elektabilitas 1,3%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPR RI Puan Maharani dan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo sama-sama berada di angka 1,0%.

Sementara itu, ada nama enam tokoh yang elektabilitasnya berada di bawah satu persen. Mereka adalah Kepala Badan Intilejen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) M. Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Adapun margin of error survei dalam survei ini diperkirakan ± 2.9% pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Ganjar, Anies, Said Iqbal, dan Najwa Shihab Jadi Kandidat Capres Partai Buruh

Penulis : Irfan Kamil
Editor : Bagus Santosa

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing Ketat".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×