kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei DRI: Selama PPKM darurat, keinginan belanja konsumen turun


Jumat, 13 Agustus 2021 / 14:08 WIB
Survei DRI: Selama PPKM darurat, keinginan belanja konsumen turun
ILUSTRASI. Survei DRI menunjukkan selama pelakanaan PPKM darurat, keinginan belanja konsumen menurun.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan, keinginan konsumen untuk berbelanja menurun pada Juli 2021. Ini terlihat dari indeks yang turun 3,5% mom, meski secara tahunan naik 2,7% yoy. 

“Ini sejalan dengan lapangan pekerjaan yang menurun dan ekspektasi pendapatan rumah tangga yang lebih lemah,” ujar Senior Researcher DRI Muhammad Ikbal Iskandar dalam laporannya, seperti dikutip Jumat (13/8). 

Dari 10 barang yang ditelusuri DRI, 7 kategori barang mengalami penurunan pembelian. Hanya tiga yang mengalami peningkatan, yaitu tanah, peralatan audio visual, dan emas perhiasan. 

Baca Juga: PPKM turunkan penjualan eceran Juli 2021, penjualan daring jadi opsi jaga kinerja

Ikbal bilang, hal ini sejalan dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang ada di sepanjang Juli 2021 dan bahkan dilanjutkan hingga pertengahan Agustus 2021. 

PPKM darurat dan PPKM level 3 dan 4 ini menurunkan mobilitas masyarkata sehingga berdampak pada pola konsumsinya, serta menurunkan pendapatan masyarakat. 

Penurunan keinginan berbelanja terlihat pada konsumen dengan pendapatan rendah. Meski, pemerintah juga telah memberikan bantuan jaring pengaman sosial untuk menjaga daya beli kelompok masyarakat ini. 

Tak hanya itu, penurunan keinginan untuk berbelanja juga terlihat pada kelompok masyarakat berpengasihan menengah dan kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi. 

Selanjutnya: Kepercayaan konsumen terhadap pemerintah naik di Juli 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×