kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Charta Politika: JK, Gatot Nurmantyo, dan AHY teratas jadi Cawapres Jokowi


Senin, 21 Mei 2018 / 22:30 WIB
Survei Charta Politika: JK, Gatot Nurmantyo, dan AHY teratas jadi Cawapres Jokowi


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elektabilitas Jusuf Kalla, Gatot Nurmantyo, dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon wakil presiden Joko Widodo berada di urutan teratas. Demikian hasil survei Charta Politika yang dirilis ke publik, Senin (21/5). 

"Dari 2.000 responden, 10,3% memilih Jusuf Kalla. Sementara jumlah responden yang memilih Gatot Nurmantyo 8,6% dan yang memilih Agus Harimurti Yudhoyono itu 7,6%," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers hasil rilis di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/5). 

Margin of error survei ini sebesar 2,19%. Artinya angka itu masih bisa bertambah atau berkurang sebesar 2,19%. 

Dengan demikian, relatif tidak ada nama calon wakil presiden pendamping Jokowi yang dominan dari ketiga nama tersebut.

Sementara itu, di urutan keempat, kelima hingga keenam, yakni Basuki Tjahaja Purnama dipilih 5,7% responden, Anies Rasyid Baswedan dipilih 4,9% responden, dan Mahfud MD dipilih 4,4% responden. 

Namun, angka responden yang memilih untuk tidak menjawab cukup besar, yakni sebesar 25,4% responden.

Charta Politika juga mengajukan pertanyaan jenis semi terbuka kepada para responden. Mereka dihadapkan pada 7 nama yang selama ini disebut-sebut sebagai sosok yang tepat mendampingi Jokowi sebagai cawapres.

Ketujuh nama tersebut, yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Gatot Nurmantyo, Anies Rasyid Baswedan, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, M. Zainul Madji, Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto dan Muhammad Romahurmuziy.

"Hasilnya, AHY dipilih 11,8% responden, Gatot dipilih 11,5% responden dan Anies dipilih 9,1% responden," papar Yunarto. 

Sisanya, Mahfud MD dipilih 5,9% responden, Muhaimin Iskandar dipilih 5,0% responden, M. Zainul Madji dipilih 3,5% responden, Zulkifli Hasan dipilih 1,3% responden, Airlangga Hartarto dipilih 1,1% responden dan Muhammad Romahurmuzi dipilih 0,6 persen responden. 

Survei ini dilakukan terhadap 2.000 responden dari tanggal 13 hingga 19 Maret 2018. Sampel survei dipilih secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). 

Margin of error survei ini sebesar 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Charta Politika: JK, Gatot Nurmantyo, dan AHY Teratas Jadi Cawapres Jokowi"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×