kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS961.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Surat presiden terkait calon Kapolri dikirim ke DPR siang ini


Rabu, 13 Januari 2021 / 10:48 WIB
Surat presiden terkait calon Kapolri dikirim ke DPR siang ini
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, surat presiden (Surpres) terkait calon Kapolri akan dikirimkan ke DPR, Rabu (13/1). 

"Rencananya siang ini, infonya sekitar jam 11-12 WIB," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (13/1). 

Sahroni mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya surat presiden (Surpres) akan diserahkan oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno. "Yang saya dengar infonya Pak Mensesneg langsung," ujarnya. 

Baca Juga: Ada pandemi, Komisi III DPR tiadakan kunjungan ke rumah calon Kapolri

Sebelumnya, Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan, jika surpres dikirim pekan ini, Komisi III akan mengundang Kompolnas dan PPATK dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Kamis (15/1). 

Selanjutnya, Komisi III bisa menggelar uji kepatutan dan kelayakan pada awal pekan berikutnya. "Itu jadwal kami tadi hasil rapat internal. Kalau bisa Senin atau Selasa sudah bisa fit and proper test, itu konsep kami," ujar Herman seusai rapat internal Komisi III DPR, Selasa (12/1). 

Soal lima nama calon Kapolri yang diusulkan Kompolnas ke presiden, Herman mengatakan kelimanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, salah satu kriteria yang menurut Herman penting adalah Kapolri harus menjadi sosok yang mampu menyatukan para jajaran di internal Polri. 

"Yang kita harapkan sosok yang bisa menyatukan Polri. Menyatukan internal Polri, untuk menyatukan internal Polri, tentu mudah-mudahan senior-junior bisa disatukan," kata dia. Kompolnas telah menyerahkan lima nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/1). 

Baca Juga: Kapolri jadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Polri

Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis, seluruhnya menyandang bintang tiga. 

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. 

Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Surat Presiden Terkait Calon Kapolri Dikirim ke DPR Siang Ini"

Selanjutnya: Listyo Sigit Prabowo dikabarkan menjadi calon tunggal Kapolri pengganti Idham Azis

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×