kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sulit bebaskan lahan, tol Trans Jawa terkendala


Rabu, 23 Maret 2016 / 18:26 WIB
Sulit bebaskan lahan, tol Trans Jawa terkendala


Reporter: Handoyo | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pemerintah kebut penyelesaian pembangunan proyek infrastruktur jalan tol Trans Jawa. Sepanjang tahun ini, pembangunan fisik jalan ditargetkan dapat terselesaikan sejauh 136 kilometer (km) yang merupakan kombinasi dari pekerjaan pemerintah dan swasta.

Memang, konstruksinya meningkat ketimbang tahun lalu yang masih 132 km. Namun, secara keseluruhan, penyelesaian fisik mega proyek ini belum mencapai 50%.

Sampai akhir Maret nanti, panjang ruas tol Trans Jawa yang sudah diselesaikan diperkirakan mencapai 18,47 km yakni Surabaya-Mojokerto (Sumo). Sedangkan kuartal II mendatang, akan ada 20 km lagi yang ditargetkan selesai yakni ruas Pejagan-Brebes Timur.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengatakan, persoalan pembebasan tanah masih menjadi kendala utama.

"Kalau tanah sudah beres, sudah jadi (pembangunannya)," kata Herry, belum lama ini.

Dari seluruh ruas jalan tol trans jawa, Herry mengatakan untuk jalur Pemalang-Batang dan Batang-Semarang masih sulit direalisasikan. Oleh karena itu, dua ruas tersebut akan dikerjakan pada tahun 2018. Sedangkan sebagaian besar dapat terselesaikan tahun depan.

Saat ini ruas jalan tol Batang-Semarang tanah yang sudah dibebaskan masih sekitar 20%, sementara untuk Batang-Semarang 9,34%. Meski demikian, dengan pendanaan dana yang memadai pembebasan lahan untuk kedua ruas itu dapat teratasi. Herry optimis, dua tahun lagi seluruh ruas jalan trans jawa dapat tersambung.

Senada dengan Herry, Sekjen Kementerian PU-Pera Taufik Widjoyono mengatakan, pihaknya yakin tahun 2018 seluruh ruas jalan Trans Jawa akan tersambung. Hal ini tidak lain karena proses pembebasan lahan terus diupayakan oleh pemerintah.

Bahkan, guna menghadapi musim mudik lebaran mendatang, setidaknya ada dua ruas jalan tol yang merupakan bagian dari trans jawa yang sudah dapat digunakan untuk mengurai kepadatan. Adapun ruas jalur tol tersebut adalah Bawen-Salatiga dan Solo-Seragen.

Sekedar catatan, jalan Tol Trans Jawa terdiri dari sembilan ruas dengan total panjang mencapai 615 km. Kesembilan ruas tersebut adalah, Cikampek-Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Ngawi- Kertosono, Mojokerto-Jombang-Kertosono dan Mojokerto-Surabaya.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×