kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Sri Sultan Hamengku Buwono X: Dampak Gempa Bantul Rata-rata Kerusakan Ringan


Sabtu, 01 Juli 2023 / 12:24 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X: Dampak Gempa Bantul Rata-rata Kerusakan Ringan
ILUSTRASI. Kerusakan plafon kelas SMKN 1 Pracimantoro, Wonogiri, akibat gempa bumi pada Jumat (30/6/2023) malam.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

Update Kerusakan akibat gempa Bantul hari ini mayoritas rusak ringan - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi Kabupaten Bantul hari ini dan Kabupaten Gunungkidul untuk meninjau langsung dampak gempa bumi Bantul bermagnitudo 6,0 pada Jumat (30/6/2023) malam. 

Sultan yang akrab disapa warga dengan sebutan Ngarso Dalem diketahui pada Sabtu (1/7/2023) sempat menggelar pertemuan di kompleks Kepatihan, membahas penanganan dampak gempa Bantul hari ini. 

Sultan Hamengku Buwono X menyatakan telah menerima laporan data dampak dari gempa Bantul yang terjadi hampir pukul 20.00 WIB. 

"Laporan sudah. Tapi relatif rusak ringan semua, hanya jumlahnya paling banyak di Gunungkidul," ujar Sri Sultan HB X usai pertemuan di kompleks Kepatihan, Sabtu (1/7/2023). 

Sultan menyampaikan, Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah langsung terjun ke lokasi-lokasi terdampak. Pihaknya masih menunggu laporan dari pendataan Dinas Sosial di lokasi termasuk di Bantul hari ini. 

Baca Juga: Dampak Gempa Bantul: 9 Korban Luka, 1 Meninggal, Ratusan Rumah Rusak

Selain itu, Ngarso Daelm juga akan bertemu dan menggelar rapat dengan bupati sebelum meninjau langsung ke lokasi terdampak.

Ngarso Dalem mengungkapkan, pemerintah kabupaten memiliki dana darurat untuk penanganan bencana gempa Bantul. 

"Prinsipnya mereka kan juga punya dana taktis, dana darurat. Kalau di Bantul masih ada Rp 14 miliar, kalau Gunungkidul masih Rp 5 miliar," ungkapnya. 

Pemda DI Yogyakarta, lanjut Sri Sultan HB X, siap memberikan bantuan jika dana darurat kepada pemerintah kabupaten yang memiliki dana mencukupi. 

Baca Juga: Update Dampak Gempa Bantul Hari ini : Satu Warga Bantul Meninggal Dunia

"Ya nanti kalau kurang kami bantu. Tapi sebetulnya kan tidak hanya seperti itu, saya butuhnya mereka ini masih bisa tinggal di rumahnya enggak ? atau mampu nggak? Dalam arti disuplai konsumsi untuk makan dan sebagainya. Tapi kan report-nya belum sampai di situ. Hanya ringan sama sedang aja," urainya. 

Usai menggelar rapat, Gubernur DIY Sultan HB X bersama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas langsung berangkat untuk meninjau lokasi terdampak gempa Bantul hari ini. 

Rencananya Sri Sultan akan mengunjungi lokasi gempa Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sultan Akan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bantul, Jumlah Terbanyak Kerusakan Terjadi di Gunungkidul", Klik untuk baca: https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/07/01/115624778/sultan-akan-tinjau-lokasi-terdampak-gempa-bantul-jumlah-terbanyak.

Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Ardi Priyatno Utomo
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×