kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sri Mulyani Tanggapi Usulan Proyek Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM


Jumat, 02 Desember 2022 / 18:54 WIB
Sri Mulyani Tanggapi Usulan Proyek Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM
ILUSTRASI. dok/Asian Inspiration


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah proyek kompor listrik batal, kali ini Pemerintah berencana akan membuat program untuk membagikan rice cooker kepada 680.000 keluarga penerima manfaat secara gratis.

Akan tetapi, proyek rice cooker gratis ini belum dijelaskan lebih jauh terkait kapan realisasi dan berapa anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pihaknya masih akan melakukan diskusi lebih dalam dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk proyek rice cooker gratis ini tersebut.

Baca Juga: Polytron Sebut Harga Rice Cooker yang Dianggarkan Pemerintah Masuk Kategori Premium

“Nanti kita diskusikan dengan Kementerian ESDM di DIPA-nya ada apa engga bagaimana bentuknya,” kata Sri Mulyani kepada awak media di Hotel Borobudur, Jumat 2 Desember 2022 saat ditanya soal anggaran proyek rice cooker gratis ini.

Untuk diketahui, ihwal rencana proyek rice cooker gratis ini sebagai program bantuan ini disampaikan langsung oleh Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Edy Pratiknyo dalam Forum Diskusi Publik pekan lalu.m

Harga paket rice cooker gratis ini yang akan diberikan nantinya sebesar Rp 500.000 per keluarga, dan kisaran anggarannya akan menelan biaya sekitar Rp 340 miliar tahun depan.

Baca Juga: Menteri ESDM: Wacana Pembagian Rice Cooker Masih Perlu Pendalaman

“Tentu acuannya data Kemsos melalui pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” jelasnya.

Ihwal mengatakan, proyek rice cooker gratis ini, pemerintah ingin mengimplementasikan pemanfaatan energi bersih. Dari proyek ini, Kementerian ESDM juga berharap konsumsi listrik per kapita bisa meningkat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×