kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani sudah siapkan anggaran pemenuhan target vaksinasi 2 juta dosis per hari


Jumat, 06 Agustus 2021 / 12:35 WIB
Sri Mulyani sudah siapkan anggaran pemenuhan target vaksinasi 2 juta dosis per hari
ILUSTRASI. Pemerintah targetkan vaksinasi 2 juta dosis per hari


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sebab, ambisi pemerintah, pelaksanaan vaksinasi pada pertengahan Agustus ini mencapai 2 juta dosis per hari. 

“Percepatan (anggaran kesehatan) terutama dari pelaksanaan vaksinasi yang mengharapkan jumlah vaksinasi per hari bisa ditingkatkan sesuai dengan pasokan vaksin Agustus yang meningkat, jumlah vaksinasi 2 juta per hari di daerah-daerah,” kata Menkeu saat Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jumat (6/8).

Menkeu menyampaikan dengan adanya peningkatan jumlah vaksinasi per hari, maka anggaran kesehatan dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 akan makin terakselerasi pada kuartal III-IV tahun ini.

Anggaran vaksinasi itu mencakup belanja pengadaan vaksin hingga vaksinator yang melibatkan tidak hanya tenaga medis, bahkan mencakup bantuan para aparat TNI/Polri. Dana tersebut juga termasuk peningkatan tracing dan tracking hingga ke tingkat kelurahan-desa.

Baca Juga: Insentif PPN DTP penjualan rumah diperpanjang, ini penjelasan Sri Mulyani

“Selain itu, pembelian peralatan medis dan obat-obatan jumlah positif yang dirawat. Inilah yang diperkirakan menyerap anggaran kesehatan cukup besar di kuartal III hingga kuartal IV-2021,” ujar Sri Mulyani.

Adapun hingga akhir Juli 2021, realisasi anggaran kesehatan dalam PEN 2021 mencapai Rp 65,5 triliun. Realisasi tersebut setara dengan 30,47% dari pagu anggaran yang sebesar Rp 214,95 triliun.

Artinya, dalam waktu lima bulan alias periode Agustus-Desember 2021, sisa anggaran kesehatan untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona (Covid-19) masih tersisa Rp 149,45 triliun. 

Selanjutnya: Syarat vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan vaksin yang digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×