kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Sosiolong UI Imam Prasojo: Saatnya menggalang solidaritas lawan pandemi virus corona


Senin, 30 Maret 2020 / 14:19 WIB
Sosiolong UI Imam Prasojo: Saatnya menggalang solidaritas lawan pandemi virus corona
ILUSTRASI. Sosiolog Imam Prasodjo berjalan usai mengikuti rapat dengan pimpinan KPK, di gedung KPK, Jakarta, Senin (30/1/2017). KPK meminta bantuan beberapa ahli dan tokoh masyarakat untuk menjadi panitia seleksi pemilihan penasihat KPK, antara lain Mahfud MD, Sosio

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Penanganan pandemi virus corona Covid-19 kini jangan hanya menjadi fokus utama yang harus dikerjakan oleh pemerintah. Seluruh rakyat Indonesia harus bersama sama bangkit melawan virus corona, salah satunya dengan bekerja sama mengikuti imbauan pemerintah agar untuk memutuskan rantai penyebaran virus tersebut. 

Bila masyakakat tidak aktif ikut berperan, Imam Prasodjo, Sosiolog Universitas Indonesia memperkirakan penyebaran virus akan terus berlangsung, dan jumlah pasien positif akan semakin bertambah banyak.

Baca Juga: Polda Metro Jaya mulai persiapkan penutupan akses jalan dari dan menuju Jakarta

"Keadaan ekonomi orang yang harus bekerja untuk pendapatan sehari-hari harus terhenti maka di saat situasi  isolasi mandiri tentu akan berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari. Saat nya kita mengumpulkan uang, sembako dan lain-lain yang bisa diberikan dan disumbangkan ke orang lain yang lebih membutuhkan," jelas Imam, Senin (30/3).

Imbauan Imam Prasodjo ini dismpaikan dalam keterangan pers secara live dari Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)yang disiarkan secara langsung. Imam meminta masyarakat di Indonesia tidak boleh terpuruk dari wabah virus corona Covid-19. Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia harus bangkit untuk bersama-sama melawan Covid-19. 

Baca Juga: Jokowi minta kajian dampak ekonomi pembatasan mudik

Ada tiga fokus utama yang perlu diperhatikan masyarakat melawan virus corona Covid-19. Pertama, memperhatikan kesehatan diri sendiri agar tidak mudah menyebar baik ke keluarga, teman atau lingkungan sekitar. Hal ini bisa dilakukan dengan pengecekan kesehatan dini untuk memastikan diri sendiri positif atau negatif. 

Kedua adalah, masyarakat dan pemerintah bisa saling bergotong royong untuk membantu para medis garis depan. Masyarakat yang mampu juga bisa  memberikan bantuan berupa peralatan medis seperti Alat Pengaman Diri (APD), masker, hand sanitizer dan sebagainya agar medis-medis bisa tetap sehat dan melindungi diri dari penularan saat menangani pasien. 

Ketiga, perlu adanya penggalangan dana solidaritas secara konkrit bagi masyarakat yang mampu dan berinisiatif guna membantu sesama atau tetangga yang lebih membutuhkan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×