kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sofyan Djalil Sebut Bank Tanah Akan Diresmikan Pada 2022


Kamis, 30 Desember 2021 / 07:53 WIB
Sofyan Djalil Sebut Bank Tanah Akan Diresmikan Pada 2022
ILUSTRASI. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil memberikan sambutan saat kunjungan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan bahwa pada 2022 rencananya akan diresmikan Bank Tanah sebagai land manager.

Hanya, dia belum menyebutkan secara spesifik waktu peresmian lembaga badan hukum dengan kewenangan khusus mengatur dan mengelola tanah itu.

"Melalui Bank Tanah, akan jauh lebih mudah. Contoh, HGU yang habis dapat kita tata kembali untuk keadilan pertanahan yang lebih baik. Biasanya HGU habis, tetapi tidak ada perpanjangan maupun penyelesaian yang jelas," ujar Sofyan saat pembagian sertifikat tanah di Sumatera Utara, Selasa (28/12/2021).

Menurut dia, Pemerintah peduli tentang redistribusi tanah dan keadilan masalah pertanahan. Sehingga tanah telantar seperti HGU yang tidak terurus akan dijadikan tanah Reforma Agraria.

"Kita tata secara baik sesuai aturan sehingga tujuan redistribusi tanah dapat dicapai," imbuh Sofyan.

Baca Juga: Mafia tanah, BPN: Perlu kepedulian dan kewaspadaan pemilik tanah

Soal peresmian maupun pengoperasian Bank Tanah pada 2022 mendatang sejatinya sudah pernah disinggung oleh Presiden Jokowi saat Kongres Ekonomi Umat ke-2 MUI tahun 2021 pada 10 Desember 2021 lalu.

"Mungkin InsyaAllah bulan ini (Desember 2021) sudah saya mulai atau mungkin bulan depan (Januari 2022) akan saya mulai untuk saya cabut satu per satu yang ditelantarkan," beber Presiden.

Menurut Jokowi, banyaknya tanah telantar sangat meresahkannya. Oleh sebab itu, jika nanti Bank Tanah sudah mulai berjalan, lahan tersebut akan dicabut, dimasukkan ke Bank Tanah, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan.

"Akan banyak sekali yang kita cabuti, lebih dari 20 tahun, lebih dari 30 tahun. Agar semua lahan yang kita miliki itu betul-betul produktif," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sofyan Djalil Sebut Bank Tanah Akan Diresmikan 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×