kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soekarno-Hatta resmi jadi pahlawan nasional


Rabu, 07 November 2012 / 13:30 WIB
Soekarno-Hatta resmi jadi pahlawan nasional
ILUSTRASI. Olahan ikan memang selalu memiliki cita rasa yang luar biasa lezat bahkan meski hanya di goreng biasa. dok/Dapur Kobe


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Edy Can


JAKARTA. Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Anugerah ini diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Rabu (7/11).

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 83/TK/TAHUN 2012 tanggal 7 November 2012 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden RI pertama alm. Dr. (H.C.) Ir. Soekarno, dan Keppres No 84/TK/TAHUN 2012 tanggal 7 November kepada Wakil Presiden RI pertama alm. Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta.

Gelar pahlawan nasional ini langsung diterima putra-putri Soekarno-Hatta. Guntur Soekarno Putra mewakili Soekarno dan Meutia Hatta mewakili Mohammad Hatta.

Dalam sambutannya, SBY menegaskan Soekarno-Hatta merupakan putra terbaik yang pernah dimiliki bangsa Indonesia. Sejarah mencatat Bung Karno dan Bung Hatta telah mendarmabaktikan hidup dalam perjuangan untuk mewujudkan Indonesia merdeka.
"Bung Karno dan Bung Hatta merupakan simbol perlawan terhadap setiap penjajahan. Keduanya menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi seluruh bangsa," katanya.

SBY menegaskan goresan tinta emas sejarah yang telah ditorehkan oleh kedua tokoh besar ini tak akan lekang oleh zaman dan akan terus tertanam di sanubari. "Penghargaan ini menegaskan pengakuan, penghargaan, penghormatan, dan ucapan terima kasih atas perjuangan dan penghormatan beliau-beliau," katanya.

Dalam upacara penanugerahkan gelar pahlawan nasional ini hadirĀ  Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, Wakil PresidenĀ  Boediono, Ibu Herawati Boediono, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Upacara ini juga dihadiri oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Selain itu, hadir juga anak mantan Presiden Soekarno seperti Guntur Soekarnoputra, Rahmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Meutia Hatta, dan Halida Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×