kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung ke Bandara YIA disepakati


Rabu, 28 Juli 2021 / 14:48 WIB
Sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung ke Bandara YIA disepakati


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta/ Yogyakarta International Airport (YIA), yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dengan jalan akses tol menuju YIA dan jalan akses tol menuju akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh) telah disepakati.

Kesepakatan dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero), Badan Pengatur Jalan Tol, dan PT Jogjasolo Marga Makmur.

Adapun kesepakatan terkait sinkronisasi desain konektivitas tol yang akan terhubung dengan YIA tersebut mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA, dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA yang difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju jalan akses YIA-Borobudur, perincian penanganan simpang akses jalan tol, dan hal-hal lainnya.

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) bukukan laba bersih Rp 855,63 miliar pada semester I-2021

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, dengan disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan Bandara Internasional Yogyakarta, maka proses selanjutnya terkait pembangunan tol dan aksesibilitasnya sehingga akses tol dari dan menuju YIA dapat segera terwujud.

"Akses tol ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA," ujar Faik dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (28/7).

Pada 17 Agustus 2021 mendatang, di YIA juga akan dioperasikan kereta api Bandara YIA yang akan menghubungkan YIA di Kulon Progo dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Hadirnya kereta api Bandara YIA akan semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA.

Moda transportasi lanjut di YIA diantaranya, shuttle bus, taksi bandara (taksi reguler dan taksi daring), bus DAMRI, kereta api dari stasiun terdekat dan lainnya.

Sebagai informasi, YIA memiliki luas terminal sebesar 219.000 meter persegi dan total luas area bandara mencapai 587 hektar. Dengan luasan ini menjadikan YIA sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia dengan kapasitas saat ini dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun atau 11 kali lebih besar dari Bandara Adisutjipto. Pada kapasitas ultimate, YIA nantinya dapat menampung hingga 24 juta orang per tahun.

Selanjutnya: Pemasangan patok trase jalan tol Yogyakarta-Bawen dimulai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×