kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,15   -10,44   -1.05%
  • EMAS999.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Siapkan Minyak Goreng Murah, Pemerintah Bakal Guyur Subsidi Rp 3,6 Triliun


Rabu, 05 Januari 2022 / 16:04 WIB
Siapkan Minyak Goreng Murah, Pemerintah Bakal Guyur Subsidi Rp 3,6 Triliun
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers usai Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (3/01/2022), di Kantor Presiden, Jakarta.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau di tengah masyarakat. Hal itu sebagai langkah antisipasi atas melonjaknya harga minyak goreng saat ini. 

Pemerintah menetapkan harga minyak goreng kemasan sederhana di tingkat konsumen sebesar Rp 14.000 per liter.

"Pemerintah mengambil kebijakan untuk menyediakan minyak goreng untuk masyarakat dengan harga Rp 14.000 per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato saat konferensi pers, Rabu (5/1).

Guna menyediakan minyak goreng tersebut, pemerintah menyiapkan skema subsidi. Subsidi minyak goreng dilakukan selama 6 bulan dengan opsi perpanjangan.

Baca Juga: Kemendag: Harga Minyak Goreng Hingga Cabai Masih Naik Signifikan di Bulan Ini

Sama 6 bulan tersebut dibutuhkan minyak goreng sebanyak 1,2 miliar liter. Selisih harga yang ada saat ini akan dibayarkan melalui dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS). "Dibutuhkan anggaran untuk menutup selisih harga ditambah dengan PPN itu sebesar Rp 3,6 triliun," terang Airlangga.

Komite pengarah BPDP KS telah memberikan penugasan tersebut pada BPDP KS. BPDP KS pun dapat menunjuk surveyor dalam menjalankan penugasan tersebut.

Airlangga juga meminta Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Selain itu diperlukan juga aturan terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng.

Sebagai informasi, sebelumnya usulan subsidi minyak goreng telah diungkapkan oleh Mendag dalam sejumlah kesempatan. Termasuk dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×