kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapa Penerima Hoegeng Award 2022? Simak Kriteria dan Syaratnya


Rabu, 25 Januari 2023 / 06:46 WIB
Siapa Penerima Hoegeng Award 2022? Simak Kriteria dan Syaratnya
ILUSTRASI. Siapa Penerima Hoegeng Award 2022? Simak Kriteria dan Syaratnya


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siapa polisi yang akan mendapatkan Hoegeng Awards 2022? Berikut kriteria polisi penerima Hoegeng Awards 2022. Cek juga kategori Hoegeng Awards 2022.

Dilansir dari website resmi Korlantas Polri, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar kegiatan Hoegeng Awards pada tahun 2023 ini. Hoegeng Awards ini untuk masa bakti anggota Polri tahun 2022.

Hoegeng Awards 2022 penting untuk menunjukkan bahwa ada polisi yang memiliki kinerja bagus. Pasalnya, kepolisian Indonesia sedang berada di titik nadir karena banyaknya anggota Polri yang berkasus, antara lain Ferdy Sambo.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kegiatan Hoegeng Awards 2022 ini diharapkan dapat memacu semangat anggota Polri di lapangan untuk terus berbuat baik.

Penyelenggaraan Hoegeng Awards pertama kali dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat kerja dengan Komisi III DPR pada Januari 2022.

“Adapun background penyelenggaraan Hoegeng Awards ini bermula dengan adanya tagar percuma lapor polisi dan satu hari satu oknum. Lalu Pasal 30 ayat 4 UUD 1945 yaitu Polri sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengoyami, melayani masyarakat serta menegakan hukum,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Street Race Kemayoran 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal & Syarat Peserta

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, penyelenggaraan Hoegeng Awards juga dilatarbelakangi oleh humor dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menyatakatan hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia, yakni patung polisi, polisi tidur dan mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso.

“Munculnya humor dari Gus Dur ini seakan telah melegitimasi bahwa sangat sulit mencari polisi jujur dan berintegritas di negara ini,” katanya.

Dedi menuturkan, Hoegeng Awards bukan merupakan konteks popularitas dan banyak-banyakan usulan. Melainkan proses seleksi yang menitikberatkan pada dampak positif untuk institusi Polri maupun masyarakat luas, dengan berlandaskan pada nilai keteladanan Hoegeng Iman Santoso.

Kategori Hoegeng Awards 2022

Pada penyelenggaraan Hoegeng Awards ada tiga kategori yang diperebutkan. Kategori Hoegeng Awards 2022 meliputi Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, dan Polisi Berintegritas.

Tahun ini, ada lima kategori Hoegeng Awards 2022 yang diperebutkan yaitu Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, dan Polisi Tapal Batas.

Adapun dewan pakar yang nanti memutuskan penerima Hoegeng Awards 2022 adalah Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Anggota Kompolnas Poengky Indarti, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, Anggota Komnas HAM Putu Elvina dan Mantan Plt Pimpinan KPK Mas Achmad Santosa.

Kriteria penerima Hoegeng Awards 2022

Dengan berbagai kategori di atas, penerima Hoegeng Awards 2022 harus memenuhi kriteria tertentu. Kriteria penjurian Hoegeng Awards 2022 adalah:

  • Anggota Polri aktif
  • Tidak memiliki catatan negatif data internal Polri
  • Memiliki impact atau dampak terhadap masyarakat luas
  • Memiliki citra positif di mata masyarakat sekitarnya
  • Berintegritas dan menjalankan prinsip-prinsip Presisi.

Itulah kriteria dan kategori Hoegeng Awards 2022. Apakah Anda salah satu polisi yang memenuhi kriteria Hoegeng Awards 2022?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×