kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap-siap, 3 juta dosis vaksin AstraZeneca untuk dosis kedua bakal tiba bulan depan


Selasa, 23 Maret 2021 / 06:40 WIB
Siap-siap, 3 juta dosis vaksin AstraZeneca untuk dosis kedua bakal tiba bulan depan
ILUSTRASI. vaksin Covid-19 AstraZeneca


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, akan ada 3 juta dosis vaksin AstraZeneca yang kembali didatangkan ke Indonesia pada April 2021. 

Sebanyak 3 juta dosis vaksin itu rencananya digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada masyarakat. 

"Akan datang lagi perkiraan pada April 2021 ya. Info awalnya sekitar 3 juta dosis vaksin AstraZeneca," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (22/3). 

Nadia menyebut, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca yang saat ini sudah ada di Indonesia telah didistribusikan ke tujuh provinsi, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, NTT, Maluku, dan Sulawesi Utara. 

Sebanyak 1,1 juta dosis itu, kata dia, hanya untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama karena menyesuaikan masa kedaluwarsa dari vaksin asal Inggris tersebut. "Iya 1,1 juta dosis itu akan digunakan untuk penyuntikan dosis pertama," ucap Nadia. 

Baca Juga: 5 Syarat MUI memperbolehkan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku baru mengetahui bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca akan kedaluwarsa pada akhir Mei 2021. 

Merujuk kepada hal itu, pihaknya telah mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke tujuh provinsi di atas agar bisa segera dipergunakan untuk vaksinasi Covid-19. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 asal AstraZeneca ke seluruh provinsi di Tanah Air. Hal ini Jokowi sampaikan saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (22/3). 

"Tadi saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan ke provinsi-provinsi yang lain," kata Jokowi. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EAU) terhadap penggunaan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca di Indonesia. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Dosis Kedua Akan Tiba April".

Selanjutnya: Vaksinasi Covid-19 sudah bergulir, masyarakat diminta tetap disiplin terapkan prokes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×