kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siang ini, uji coba jalan berbayar dilakukan


Selasa, 15 Juli 2014 / 10:50 WIB
Siang ini, uji coba jalan berbayar dilakukan
ILUSTRASI. OJK menyatakan tidak keberatan terhadap Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pelaksanaan uji coba jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) akan dilakukan pada Selasa (15/7) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, belum ada kepastian waktu pelaksanaan uji coba tersebut.

Berdasarkan pantauan, gerbang ERP berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Panin Bank. Gerbang tersebut dilengkapi dengan sinyal pendeteksi dan lampu. Terdapat pula kabinet atau kotak aluminium yang berisi kabel dan sistem ERP di kiri jalan.

Kabinet tersebut kini tengah dipasangi kerangkeng atau pagar hitam untuk mengamankannya. Terlihat empat pekerja tengah mengelas pagar tersebut.

Selain itu, di halaman parkir Panin Bank terdapat demo room atau ruangan demo sebagai display sensor mobil dan motor yang ditangkap dari sistem di kabinet. Demo room tersebut akan menjadi lokasi uji coba yang dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada hari ini. Demo room dapat dikatakan sebagai closed circuit television (CCTV) dari ERP tersebut.

Seorang pelaksana lapangan dari PT Alita Infocomm Network Solution, Ridho, mengatakan, sensor di dalam demo room akan memantau dan mendeteksi kendaraan yang melewati gerbang ERP.

"Mobil, motor, semua kendaraan terbaca di demo room, meskipun yang dikenakan biaya hanya tertentu. Tapi alat itu bisa membaca semua kendaraan yang melintas," kata Ridho saat ditemui Kompas.com di lokasi, Selasa (15/7).

Ridho mengatakan, ia mendapat kabar uji coba tersebut akan dimulai sekitar pukul 14.00. Ridho pun mengungkapkan, sebelum uji coba, akan ada pengecekan sistem kembali di kabinet sekitar pukul 10.00 WIB. Pengecekan dan pengaktifan ini untuk memulai uji coba ERP yang dilakukan Dishub DKI dan jajaran lainnya.

Sementara itu, Mimin, Project Manager PT Alita Infocomm Network Solution, membenarkan bahwa uji coba akan dilakukan pada Selasa ini. Namun, ia tidak diberi tahu lebih rinci oleh Dishub mengenai waktu pelaksanaannya.

"Kita enggak mungkin uji coba karena yang berwenang itu kan Dishub. Sampai saat ini belum ada perubahan dari Dishub, Dishub mengabarkan kemungkinan uji coba dilakukan siang atau sore. Itu tergantung beliau," kata Mimin saat dihubungi Kompas.com.

Mimin mengatakan, komunikasi hanya dilakukan dengan Dishub. Sebagai bagian dari penyedia fasilitas uji coba ini, PT Alita hanya menunggu kepastian dari Dishub terkait waktu uji coba tersebut.

Adapun sampai saat ini, Kepala Dishub DKI Jakarta M Akbar belum bisa dihubungi. ( Adysta Pravitra Restu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×