kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sengketa Tanah Hingga Urusan Tanah IKN Jadi Prioritas Hadi Tjahjanto


Rabu, 15 Juni 2022 / 18:37 WIB
Sengketa Tanah Hingga Urusan Tanah IKN Jadi Prioritas Hadi Tjahjanto
ILUSTRASI. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto usai dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta (15/6).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil. Hadi mengatakan, ada tiga tugas yang diamanahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya.

Pertama, Hadi diminta untuk menyelesaikan masalah sertifikat milik rakyat. Adapun hingga saat ini sertifikat milik rakyat telah terealisasi sebanyak 81 juta. Sedangkan target yang diminta diselesaikan 126 juta sertifikat.

"Oleh sebab itu target utama yang segera saya segera realisasikan. Namun saya akan lihat permasalahannya di lapangan seperti apa, apakah permasalahan itu masih K2 atau K3, itu juga akan kita selesaikan, tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait," kata Hadi usai pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Rabu (15/6).

Baca Juga: Ada Reshuffle Kabinet, Begini Dampaknya terhadap IHSG

Kedua, permasalahan sengketa tanah juga jadi pekerjaan rumah yang akan segera diselesaikan. Ia menegaskan, masalah utama adanya sengketa tanah yakni kemungkinan overlapping atau tumpang tindih antara milik institusi atau milik satuan lain dengan milik rakyat. Hal tersebut yang akan diselesaikan Kementerian ATR/BPN di bawah komando Hadi.

Ketiga, mengenai urusan tanah di Ibukota Negara Nusantara (IKN) juga akan segera diselesaikan.

"Insya Allah dengan sinergi, nantinya saya akan bekerja sama dengan instansi terkait dalam hal ini dalam menyukseskan tiga masalah tersebut, insyaAllah dalam waktu dekat kita akan sampaikan target berapa hari, itu sudah bisa terealisasi," jelasnya.

Jokowi sendiri meyakini latar belakang Hadi sebagai mantan Panglima TNI, penguasaan teritori dan pengalaman di lapangan mampu mengatasi masalah agraria selama ini. Jokowi menilai Hadi sangat detail dalam bekerja di lapangan.

"Oleh sebab itu tadi malam saya sampaikan, urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah dan sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan," kata Jokowi.

Kemudian persoalan sertifikat rakyat juga diminta untuk direalisasikan sebanyak mungkin. "Saya yakin Pak Hadi punya kemampuan untuk itu," kata Jokowi.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Menunjuk Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×