kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Selamat HUT KORPRI Ke-51, Simak Sejarah, Ucapan & Link Download Twibbon Hari KORPRI


Selasa, 29 November 2022 / 05:46 WIB
Selamat HUT KORPRI Ke-51, Simak Sejarah, Ucapan & Link Download Twibbon Hari KORPRI
ILUSTRASI. Selamat HUT KORPRI Ke-51, Simak Sejarah, Ucapan & Link Download Twibbon Hari KORPRI


Reporter: Adi Wikanto, Nur Afitria Cika | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Hari ini, Selasa 29 November 2022 adalah HUT KORPRI ke-51. Mari mengenali sejarah serta ucapan dan link download Twibbon HUT KORPRI 2022.

HUT KORPRI adalah hari bersejarah dalam perjalanan Indonesia setelah kemerdekaan. Anggota KORPRI penting untuk menggunakan contoh ucapan dan link download Twibbon HUT KORPRI 2022 guna memeriahkan hari bersejarah tersebut.

KORPRI berdiri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 82 Tahun 1971, 29 November 1971. Oleh karena itu, setiap tanggal 29 November diperingati sebagai HUT KORPRI.

Dilansir dari situs resmi KORPRI, latar belakang sejarah Korpri sangatlah panjang, pada masa penjajahan kolonial Belanda, banyak pegawai pemerintah Hindia Belanda, yang berasal dari kaum bumi putera. Kedudukan pegawai merupakan pegawai kasar atau kelas bawah, karena pengadaannya didasarkan atas kebutuhan penjajah semata.

Pada saat beralihnya kekuasaan Belanda kepada Jepang, secara otomatis seluruh pegawai pemerintah eks Hindia Belanda dipekerjakan oleh pemerintah Jepang sebagai pegawai pemerintah. Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu. Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini seluruh pegawai pemerintah Jepang secara otomatis dijadikan Pegawai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Besok (29/11) HUT KORPRI Ke-51, Ini Contoh Ucapan, Link Download, Susunan Upacara

Pada tanggal 27 Desember 1949 Belanda mengakui kedaulatan RI, Pegawai NKRI terbagi menjadi tiga kelompok besar, pertama Pegawai Republik Indonesia yang berada di wilayah kekuasaan RI, kedua, Pegawai RI yang berada di daerah yang diduduki Belanda (Non Kolaborator) dan ketiga, pegawai pemerintah yang bersedia bekerjasama dengan Belanda (Kolaborator).

Setelah pengakuan kedaulatan RI tanggal 27 Desember 1949, seluruh pegawai RI, pegawai RI non Kolaborator, dan pegawai pemerintah Belanda dijadikan Pegawai RI Serikat. Era RIS, atau yang lebih dikenal dengan era pemerintahan parlementer diwarnai oleh jatuh bangunnya kabinet. Sistem ketatanegaraan menganut sistem multi partai.

Para politisi, tokoh partai mengganti dan memegang kendali pemerintahan, hingga memimpin berbagai departemen yang sekaligus menyeleksi pegawai negeri. Sehingga warna departemen sangat ditentukan oleh partai yang berkuasa saat itu. Dominasi partai dalam pemerintahan terbukti mengganggu pelayanan publik.

PNS yang seharusnya berfungsi melayani masyarakat (publik) dan negara menjadi alat politik partai. PNS pun menjadi terkotak-kotak.

Prinsip penilaian prestasi atau karir pegawai negeri yang fair dan sehat hampir diabaikan. Kenaikan pangkat PNS misalnya dimungkinkan karena adanya loyalitas kepada partai atau pimpinan Departemennya. Afiliasi pegawai pemerintah sangat kental diwarnai dari partai mana ia berasal.

Kondisi ini terus berlangsung hingga dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Dengan Dekrit Presiden ini sistem ketatanegaraan kembali ke sistem Presidensiil berdasar UUD 1945. Akan tetapi dalam praktek kekuasaan Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan sangatlah besar. Era ini lebih dikenal dengan masa Demokrasi Terpimpin, sistem politik dan sistem ketatanegaraan diwarnai oleh kebijakan Nasakom (Nasionalisme, Agama dan Komunisme).

Dalam kondisi seperti ini, muncul berbagai upaya agar pegawai negeri netral dari kekuasaan partai-partai yang berkuasa. Melalui Undang-Undang Nomor : 18 Tahun 1961 ditetapkan bahwa … Bagi suatu golongan pegawai dan/atau sesuatu jabatan, yang karena sifat dan tugasnya memerlukan, dapat diadakan larangan masuk suatu organisasi politik (pasal 10 ayat 3).

Ketentuan tersebut diharapkan akan diperkuat dengan dikeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengaturnya, tetapi disayangkan bahwa, PP yang diharapkan akan muncul ternyata tidak kunjung datang.

Sistem pemerintahan demokrasi parlementer berakhir dengan meletusnya upaya kudeta oleh PKI dengan G-30S. Pegawai pemerintah banyak yang terjebak dan mendukung Partai Komunis. Pada awal era Orde Baru dilaksanakan penataan kembali pegawai negeri dengan munculnya Keppres RI Nomor : 82 Tahun 1971 tentang Korpri.

Berdasarkan Kepres yang bertanggal 29 November 1971 itu, Korpri “merupakan satu-satunya wadah untuk menghimpun dan membina seluruh pegawai RI di luar kedinasan” (Pasal 2 ayat 2). Tujuan pembentukannya Korps Pegawai ini adalah agar “Pegawai Negeri RI ikut memelihara dan memantapkan stabilitas politik dan sosial yang dinamis dalam negara RI”.

Akan tetapi Korpri kembali menjadi alat politik. UU No.3 Th.1975 tentang Partai Politik dan Golongan Karya serta Peraturan Pemerintah No.20 Th.1976 tentang Keanggotaan PNS dalam Parpol, makin memperkokoh fungsi Korpri dalam memperkuat barisan partai.

Sehingga setiap kali terjadi birokrasi selalu memihak kepada salah satu partai, bahkan dalam setiap Musyawarah Nasional Korpri, diputuskan bahwa organisasi ini harus menyalurkan aspirasi politiknya ke partai tertentu.

Ucapan HUT KORPRI 2022

Dilansir dari Tribunnews.com, Berikut kata-kata ucapan HUT KORPRI 2022 untuk dibagikan ke media sosial.

1. Selamat HUT KOPRI ke-51 29 November 2022. Mari satukan bangsa dan berkarya melayani dengan bijak dan ramah pada masyarakat Indonesia.

2. Selamat Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia ke-51.

3. Selamat HUT KOPRI ke-51. Mari bersiap perkuat diri untuk jadi agen transformasi sumber daya manusia yang berkualitaas dalam berkarya menyatukan bangsa.

4. Selamat Hari KORPRI ke-51! Terus berbenah dan memajukan pegawai negeri yang cerdas dan berkualitas.

5. Selamat Hari KORPRI Ke-51. Tetap jaga persatuan dalam membangun negeri, jaga integritas dan jaga netralitas

6. Selamat Hari KORPRI ke-51. Terima kasih telah mengabdi selama 51 tahun ini untuk negeri tercinta.

7. Semarak HUT KORPRI Ke-51. Mari satukan bangsa dan berkarya melayani dengan bijak dan ramah pada masyarakat Indonesia.

8. Selamat Hari KORPRI ke-51! Tetaplah jadi abdi negara yang profesional, jujur dan bersih.

9. Selamat dan semangat Hari KORPRI ke-51 Tetaplah Menciptakan sosok PNS yang berintegritas, jujur dan bersih dari segala korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

10. Selamat Hari KORPRI ke-51! Majulah terus pegawai Indonesia, mengabdi sepenuh hati, tanpa kata tapi.

11. Selamat HUT KORPRI ke-51 Menjadi agen perekat bangsa dalam menumbuhkan kehidupan sosial yang adil.

12. Dirgahayu HUT KORPRI KE-51, Tetaplah menjadi abdi negara yang melayani masyarakat dengan jiwa tulus, ramah dan adil.

13. Tanggal 29 November bertepatan dengan HUT KORPRI ke-51, Mari Junjung persatuan bangsa dalam melayani kemajuan bangsa.

14. Sudah 51 Tahun sejak berdirinya KORPRI, Mari bersatu padu membangun negeri dari kemelaratan. Selamat HUT KORPRI 2022.

15. Selamat HUT KORPRI ke-51. Semoga menjadi pegawai yang menginspirasi, bekerja dengan tulus ikhlas dari hati untuk negeri tercinta ini.

16. Selamat Hari KORPRI ke-51. Mengabdi dengan ikhlas dan tulus demi Indonesia maju.

17. Jadilah pegawai Republik Indonesia yang mengabdi sepenuh hati, ikhlas, jujur, profesional, jaya selalu KORPRI.

18. Semangat para pegawai Republik Indonesia, teruslah mengabdi demi bangsa Indonesia ini.

19. Jadikan peringatan Hari KORPRI ke-51 ini menjadi motivasi agar menjadi pegawai RI yang lebih baik lagi.

20. Jaya selalu KOPRI. Jadilah pegawai Republik Indonesia yang mengabdi sepenuh hati, ikhlas, jujur, dan profesional. Selamat HUT KORPRI 2022.

21. Untuk anggota KORPRI, Semoga menjadi aparat negara yang amanah, jujur, melayani dan terus semangat membangun negeri. Selamat HUT KORPRI 2022.

22. Tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa. Selamat HUT KORPRI 2022.

23. Barakallah dan Happy Birthday KORPRI 2022. Tumbuhkan pesan semanga dalam menumbuhkan jati diri yang memiliki arti. Selamat HUT KORPRI 2022.

24. Selamat Hari KORPRI ke-51. Terima kasih telah mengabdi selama 51 tahun ini untuk Indonesia.

25. Selamat HUT Korpri ke-51! Semoga menjadi pegawai yang menginspirasi, bekerja dengan tulus ikhlas dari hati untuk negeri tercinta ini.

26. Selamat HUT Korpri ke-51! Jadikan peringatan Hari Korpri ke-51 ini menjadi motivasi agar menjadi pegawai RI yang lebih baik lagi.

27. Semangat para pegawai Republik Indonesia, teruslah mengabdi demi bangsa Indonesia ini. Selamat HUT KORPRI 29 November 2022.

28. Selamat HUT Korpri ke-51! Jaga profesionalitas, jaga netralitas, jaga integritas.

29. Selamat HUT Korpri ke-51! Bekerjalah dengan setulus hati, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas.

30. Tetaplah jadi abdi negara yang profesional dan berintegritas! Selamat HUT KORPRI 2022.

Link download Twibbon HUT KORPRI 2022

Selain dengan ucapan, Anda bisa memeriahkan HUT KORPRI 2022 dengan Twibbon. Berikut link download Twibbon HUT KOPRO ke-51 tahun 2022:

Cara memasukkan foto ke Twibbon HUT KORPRI

Mengutip Twibbonize, berikut cara memasukkan foto ke twibbon:

1. Masuk ke laman twibbonize.com dan pilih twibbon yang ingin Anda gunakan. 

2. Pilih desain bingkai yang ingin Anda gunakan. 

3. Klik pilih Foto/Video. 

4. Sesuaikan foto/video pada bagian transparan bingkai foto. Anda bisa klik dan geser kursor pada foto ke berbagai arah. Anda juga bisa mencubit layar Anda untuk memperbesar atau memperkecil foto/video Anda. Anda juga bisa memutar foto/video Anda menggunakan panah putar di bagian kiri dan kanan bingkai foto.

5. Setelah puas dengan posisi foto/video Anda, pilih Selanjutnya.

6. Unduh foto twibbon Anda dan pilih selesai.

Itulah sejarah perjalanan KORPRI dan contoh ucapan serta link download Twibbon HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022. Selamat HUT KORPRI ke-51.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×