kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera diumumkan, inflasi bulan Agustus diproyeksi lebih rendah dari bulan sebelumnya


Rabu, 01 September 2021 / 09:50 WIB
Segera diumumkan, inflasi bulan Agustus diproyeksi lebih rendah dari bulan sebelumnya
ILUSTRASI. Inflasi Agustus 2021 diproyeksi lebih rendah dari Juli 2021


Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ekonom memperkirakan, peningkatan harga (inflasi) masih terjadi pada bulan Agustus 2021. Walau begitu, tingkat inflasi diproyeksi turun dibandingkan dengan inflasi bulan Juli 2021. 

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan Juli 2021 sebesar 0,08% mom, dengan tingkat inflasi tahunan di 1,52%. 

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira memperkirakan, tingkat inflasi pada Agustus 2021 berada di kisaran 0,01% mom hingga 0,05% mom. 

“Inflasi cenderung rendah dipengaruhi faktor Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan penurunan dari sisi permintaan,” kata dia kepada Kontan.co.id, Senin (30/8). 

Dia menambahkan, tingkat inflasi didorong oleh inflasi pada sektor kesehatan dan pendidikan. Khusus untuk pendidikan, ini sesuai faktor musiman, di mana mulai tahun ajaran baru. 

Hanya, inflasi pada sektor pendidikan ini tidak akan sebesar saat pra pandemi Covid-19. Karena tahun ajaran baru pada masa pandemi masih dilalui dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Baca Juga: Indeks manufaktur Indonesia bulan Agustus ada di level 43,7, naik tipis dari Juli

Bhima mengingatkan, yang perlu diwaspadai dalam hal ini adalah peningkatan harga beberapa sektor pangan seperti telur ayam dan minyak goreng. Selain itu, kenaikan harga rokok akan berlanjut seiring wacana pemerintah meningkatkan tarif cukai rokok tahun depan. 

Dari sisi harga yang diatur oleh pemerintah (administered price), Bhima masih belum melihat adanya kenaikan. Hanya, ancaman tetap ada.

Sementara itu, Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardana memperkirakan, tingkat inflasi pada Agustus 2021 berada di kisaran 0,05% mom, dengan tingkat inflasi tahunan 1,62%.

Merujuk pada hasil survei Bank Indonesia (BI), Wisnu melihat, harga makanan nampak meningkat sebesar 0,01% mom hingga 0,03% mom, didorong oleh inflasi minyak goreng, telur ayam, dan sayuran. 

Dia juga menambahkan, peningkatan permintaan pada Agustus 2021 juga terjadi, seiring adanya relaksasi PPKM pada akhir bulan lalu. Hanya, inflasi pada komoditas emas dan transportasi masih menurun. 

Lebih lanjut, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memproyeksi, inflasi pada bulan lalu sebesar 0,03% mom dengan tingkat inflasi tahunan capai 1,6%. 

Sebagai tambahan informasi, BPS akan mengumumkan hasil perhitungan inflasi Agustus 2021 pada hari ini pukul 11.00, yang bisa disaksikan di laman resmi Youtube BPS. 

Selanjutnya: Pemerintah tegaskan pesangon wamen merupakan bentuk apresiasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×