kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 20% Jemaah Umrah yang Kembali Terdeteksi Positif Covid-19


Jumat, 21 Januari 2022 / 14:31 WIB
Sebanyak 20% Jemaah Umrah yang Kembali Terdeteksi Positif Covid-19
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sebanyak 20 persen jemaah umrah yang baru tiba di Tanah Air pada 17 Januari lalu, dilaporkan positif Covid-19.

"Dari kepulangan jemaah umrah perdana pada tanggal 17 Januari lalu sebanyak 20 persen kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah," kata Wiku dalam keterangannya melalui kanal YouTube Sekretariat, Kamis (20/1/2022).

Total rombongan umrah yang tiba pada tanggal tersebut sebanyak 414 orang. Jemaah yang terinfeksi sebanyak 87 orang.

Namun, Wiku mengatakan, kasus positif Covid-19 lebih banyak berasal dari transmisi lokal dibandingkan pelaku perjalanan dari luar negeri. "Bahkan per tanggal 15 Januari 2022, 63 persen kasus positif merupakan transmisi lokal," ujarnya.

Wiku juga mengatakan, jika dilihat dari pintu masuk kedatangan, kasus positif Covid-19 dari pelaku perjalanan luar negeri di DKI Jakarta meningkat.

Baca Juga: Tinggal 4 Bulan Lagi, Pemerintah Terus Persiapkan Keberangkatan Haji Tahun Ini

Selain itu, pintu masuk di pos lintas batas negara (PLBN) di Arok dan Entikong, Kalimantan Barat dan pintu masuk di Kepulauan Riau masih fluktuatif. "Namun jumlahnya masih lebih rendah dibandingkan dengan transmisi lokalnya," ucap dia.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan, penularan Covid-19 sekecil apapun harus dikembalikan agar tidak semakin meluas dan menimbulkan lonjakan.

Ia meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di fasilitas umum. "Serta memenuhi syarat tes untuk beraktivitas dan saat melakukan perjalanan," pungkasnya.

(Penulis : Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas: 20 Persen Jemaah Umrah yang Kembali Terdeteksi Positif Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×