kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saut Situmorang Hingga Abraham Samad Demo di KPK Minta Firli Dicopot


Senin, 10 April 2023 / 15:36 WIB
Saut Situmorang Hingga Abraham Samad Demo di KPK Minta Firli Dicopot
Mantan Ketua KPK Abraham Samad bersama Koalisi Masyarakat Sipil memberi keterangan kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK di Jakarta, Jumat (3/5/2019).


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad hingga Saut Situmorang mendatangi gedung Merah Putih guna meminta Ketua KPK saat ini, Firli Bahuri dicopot. 

Pantauan Kompas.com, Samad dan Saut datang bersama puluhan massa aksi yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat sipil pukul 13.49 WIB. 

Selain Samad dan Saut, tampak Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana, dan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana. 

Selain itu, hadir pula mantan penasehat KPK Abdullah Hemahahua, dan mantan penyidik KPK yang telah dipecat karena dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). 

Baca Juga: KPK Sita Uang Miliaran Rupiah dari OTT Bupati Kepulauan Meranti

Mereka membawa poster bertuliskan 'Dugaan Perkara bocor, Firli Harus Dicopot', 'Masa Depan KPK Lebih Penting Daripada Masa Depan Firli', dan lainnya. 

Salah seorang massa aksi juga mengenakan topeng wajah Firli Bahuri dengan kalung bertuliskan PELANGGAR ETIK. 

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengatakan, pihaknya hari ini datang ke KPK untuk menyalakan tanda bahaya. 

Menurut Usman, KPK tidak hanya dilemahkan dari luar melalui perubahan Undang-Undang KPK dan lainnya. Namun, kata Usman, saat ini KPK mengalami pelemahan dari dalam karena dipimpin oleh ketua yang diduga melanggar etik. 

Menurutnya, terdapat cara untuk menyelematkan KPK. Salah satunya adalah dengan mencopot Firli. "Jalan satu satunya adalah dengan mencopoti pemimpin yang tidak beretika, copot Firli, copot Firli!" teriak Usman. 

Baca Juga: Kasus Rafael Alun, KPK Diminta Telisik Dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang

Diketahui, sejak dua pekan lalu, Firli dilaporkan sejumlah pihak ke Dewas atas dugaan pelanggaran etik antara lain, mencopot Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro. 

Kemudian, memaksakan menaikkan Formula E ke tahap penyidikan hingga diduga terlibat membocorkan dokumen penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Abraham Samad hingga Saut Situmorang Demo di KPK, Minta Firli Dicopot"
Penulis : Syakirun Ni'am
Editor : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×