kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas: Suplai dan jadwal vaksin Covid-19 terjaga demi penuhi target 1 juta per hari


Rabu, 16 Juni 2021 / 07:28 WIB
Satgas: Suplai dan jadwal vaksin Covid-19 terjaga demi penuhi target 1 juta per hari
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pihaknya memastikan suplai vaksin Covid-19 dari luar negeri terjaga sesuai jadwal vaksinasi yang disusun pemerintah. 

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung target vaksinasi sebanyak 1 juta suntikan per hari pada Juli 2021 mendatang. 

"Bagaimana caranya supaya target vaksinasi 1 juta perhari tercapai? pemerintah memastikan bahwa suplai vaksinasi yang berasal dari luar negeri harus betul-betul mencukupi dengan jadwal yang ada," ujar Wiku dalam keterangan pers virtual yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6). 

Menurut dia, target 1 juta suntikan vaksin per hari itu telah ditetapkan sesuai perhitungan. Sehingga pemerintah optimistis jumlah vaksin yang tersedia mampu mendukung target itu. 

"Kami optimistis vaksin yang ada memadai untuk bisa mencapai target itu," lanjutnya. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, Selasa (15/6): Tambah 8.161, total ada 1.927.708 kasus positif

Wiku mengungkapkan, pada 11 Juni 2021 pemerintah Indonesia secara resmi telah menerima sebanyak 1 juta dosis vaksin Sinopharm. Dengan tambahan 1 juta dosis ini pemerintah telah memperoleh 2 juta dosis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong-royong. 

Dia mengharapkan kedatangan vaksin Sinopharm ini dapat semakin mendukung kelancaran program vaksinasi gotong-royong di Indonesia. Meski demikian, Wiku tetap menekankan agar semua warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

"Sekali lagi, meskipun vaksin terus berdatangan dan ada beberapa orang terdekat yang telah divaksin, kita harus tetap selalu menaati protokol kesehatan demi melindungi diri sendiri dan orang di sekitar," tambahnya. 

Sebelumnya,Presiden Joko Widodo menargetkan penyuntikan vaksin Covid-19 sebanyak 1 juta dosis per hari bisa terlaksana pada Juli 2021. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers secara virtual usai rapat terbatas dengan Presiden dan Menko Perekonomian di kompleks istana kepresidenan, Senin (14/6). 

Baca Juga: Agar kekebelan kelompok terbentuk, Wapres dorong percepatan vaksinasi

"Untuk itu beliau sudah menugaskan TNI dan Polri untuk mendampingi bersama-sama dengan vaksinasi program melalui pemerintah daerah untuk bisa melakukan vaksinasi sampai 400.000 (suntikan) per hari," lanjutnya. 

Dengan demikian, nantinya sebanyak 600.000 suntikan vaksin Covid-19 per hari akan dilakukan melalui jalur pemerintah daerah. Sementara itu, 400.000 suntikan vaksin Covid-19 perhari akan dilakuaan melalui jalur sentra TNI dan Polri. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Sebut Suplai dan Jadwal Vaksin Covid-19 Terjaga untuk Penuhi Target 1 Juta Per Hari".

Selanjutnya: Efektivitas vaksin Covid-19 di Indonesia tinggi, bisa melindungi dari varian Delta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×