kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas Covid-19: 60% masyarakat miliki kesadaran tinggi soal prokes


Selasa, 10 Agustus 2021 / 15:56 WIB
Satgas Covid-19: 60% masyarakat miliki kesadaran tinggi soal prokes


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat sebanyak 60% masyarakat Indonesia sudah mempunyai tingkat kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan tersebut antara lain, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Mereka yang memiliki kesadaran tinggi akan tetap menerapkan protokol kesehatan, baik ketika ada pengawasan maupun tidak," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi dalam diskusi virtual, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga: Jadi syarat masuk mall & tempat umum, ini cara download sertifikat vaksin Covid-19

Artinya, kata Sonny, masyarakat yang masuk dalam angka 60% tersebut menyadari akan situasi saat ini. "Karena kami lihat data selalu bergerak di sekitar angka (60%), jarang sekali di bawah 60%," kata Sonny.

Selain itu, pihaknya juga mencatat sebanyak 30% masyarakat sudah patuh terhadap protokol kesehatan.

Hanya saja, yang menjadi catatan adalah kepatuhan tersebut belum dibarengi dengan terbangunnya kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan.

"Kalau patuh itu belum terbangun kesadaran, tetapi dia melaksanakan karena ada yang mengawasi, karena ada aturan. 30% ini sangat bergantung pada motivasi, jadi mereka kadang naik, kadang turun," ungkap Sonny.

Sedangkan, 10% lainnya menunjukkan masyarakat Indonesia cenderung tidak menerapkan protokol kesehatan. "10% itu jadi PR kita karena mereka cenderung tidak melaksanakan," imbuh dia.

Baca Juga: Kasus Covid-19 berangsur turun, RS Wisma Atlet kini terisi 21,9%

Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Krisiandi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Covid-19: 60 Persen Warga Punya Kesadaran Tinggi Pentingnya Prokes".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×