kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Safari ke daerah, Anies dapat kejutan posko Joglo Kemenangan Capres 2024


Minggu, 25 April 2021 / 17:35 WIB
Safari ke daerah, Anies dapat kejutan posko Joglo Kemenangan Capres 2024
Joglo kemenangan Anies capres 2024.jpg

Reporter: Barly Haliem | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan kejutan sewaktu bersafari ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, akhir pekan lalu. 

Di Sragen, Jawa Tengah, Anies mendapat hadiah berupa penyediaan Joglo Kemenangan Anies Capres 2024. Posko ini disediakan oleh Billy Haryanto, pengusaha beras di Sragen. 

Joglo Kemenangan Anies bertempat di bangunan joglo milik Billy yang berada di Masaran, Sragen. Selain rumah joglo, lokasi tersebut juga tersedia lapangan bulu tangkis yang selama ini menjadi markas bulu tangkis klub Billy Beras. 

Dalam pemilu presiden 2014 dan pemilu 2019, Billy termasuk pendukung Presiden Joko Widodo. Dia mengatakan, kawasan joglo miliknya itu juga pernah dua kali menjadi posko pemenangan Jokowi. 

"Memang di 2019 lalu saya mendukung Pak Jokowi-Maruf Amin. Tapi untuk tahun 2024, feeling saya lebih ke Anies yang punya kans besar," kata Billy kepada KONTAN, Sabtu (24/4) malam. 

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Baswedan sowan ke kiai Pondok Modern Darussalam Gontor, Jatim

Billy menilai Anies termasuk sosok yang mumpuni dan figur yang tepat untuk maju dalam pilpres 2024. Maka dia pun berinisitif membentuk Joglo Kemenangan Anies sebagai persiapan menghadapi pemilu 2024. 

"Slogan saya, setelah gubernur DKI, Pak Anies lanjutkan ke pilpres 2024," tandas Billy. 

Sebagai gambaran, Jawa Tengah merupakan lumbung perolehan suara bagi PDI Perjuangan. Provinsi ini juga menjadi basis suara kemenangan Jokowi pada dua pemilu. 

Pada pemilu 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla meraih sekitar 74,31% suara sah di Jawa Tengah. 

Baca Juga: Anies: Saya sampaikan terima kasih ke Jokowi atas dukungan infrastruktur Jakarta

Adapun pada pemilu 2019, Jokowi yang berpasangan dengan Maruf Amin meraih 77,29% suara saja di provinsi yang dijuluki sebagai Kandang Banteng tersebut.
Sejumlah survei terbaru, nama Anies juga selalu masuk daftar nama dengan elektabilitas tinggi. Orang nomor satu DKI Jakarta itu bersaing dengan nama Prabowo Subiyanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, maupun Agus Harimurti Yudhoyono. 

Rajin bersafari 

Belum jelas bagaimana sikap Anies atas kejutan tersebut. Upaya konfirmasi KONTAN kepada Anies belum berbalas. 

Yang jelas dalam pekan-pekan ini pula, Anies tampak sibuk bersafari ke sejumlah daerah. Selain bertemu dengan Billy, Anies bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Gontor, di Ponorogo, Jawa Timur. 

Anies juga bertemu dengan Gubernur Khofifah  Indar Parawansa, serta sejumlah bupati di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Kepada media, Anies membantah bahwa kunjungannya ke sejumlah daerah dalam rangka kampanye. 

Pertemuan dengan para pemimpin daerah tersebut dalam rangka kerjasama pemenuhan kebutuhan pangan untuk DKI Jakarta. 

"Saya sampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik ini karena tujuan kita pemenuhan kebutuhan pangan di Jakarta dengan baik. Kedua, para petani memiliki sistem kerja yang memungkinkan mereka meningkat kesejahteraannya, sehingga petani kita tidak terus menjadi yang paling akhir menikmati nilai tambah dari kegiatan produksi beras," jelas Anies usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemkab Ngawi, Jawa Timur, Minggu (25/4), seperti dikutip dari Tribunnews.com. 

Sebelum bersafari ke Jawa Timur, Anies juga bersafari di Jateng dan Jabar. Acara kunjungan ke sejumlah daerah itu juga dikemas dalam rangka kerjasama pemenuhan pangan bagi DKI Jakarta. 

"Saya berkunjung ke berbagai daerah, dalam rangka silaturahmi. Silaturahmi akan membawa manfaat dan membuka intensitas kerja bersama antar daerah," ungkap Anies dalam keterangan tertulis, pekan lalu saat berkunjung ke Kuningan, Jawa Barat. 

Anies berharap dengan terbangunnya kerja sama antardaerah ini, maka akan membuat kontraksi ekonomi yang sempat dialami Jakarta akibat pandemi, akan bangkit bergeliat kembali.

Selanjutnya: Anies: Kemenangan melawan pandemi ini sudah di depan mata

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×