kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saatnya berbenah, Bali tuan rumah KTT APEC 2013


Selasa, 21 Februari 2012 / 13:24 WIB
Saatnya berbenah, Bali tuan rumah KTT APEC 2013
ILUSTRASI. Myanmar. REUTERS/Stringer


Reporter: Herlina KD | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Indonesia akan menjadi tuan rumah Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) tahun 2013 mendatang. Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, pemerintah sedang mempersiapkan alternatif tema yang akan diusung pada konferensi yang akan berlangsung di Bali itu.

Menurut Agus, ada tiga alternatif tema yang akan diusulkan dalam pertemuan APEC 2013 itu. "Tema ini akan kami bicarakan di tingkat tim pengarah dan dilaporkan ke Presiden," ujar Agus Selasa (21/2).

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan, salah satu usulan tema yang muncul tema penguatan pertumbuhan ekonomi di wilayah di Asia Pasifik.

Seperti pertemuan APEC terdahulu, Indonesia biasanya akan membawakan suara dari negara berkembang. Ia beri contoh, permintaan jabatan wakil ketua Financial Stability Board (FSB) dari negara berkembang.

"Kami meminta, standar pengukuran kesehatan lembaga finansial jangan disamakan (diseragamkan) antara standar negara maju dengan standar negara berkembang," tambah Agus.

Mempersiapkan infrastruktur

Untuk menyambut pertemuan akbar se Asia Pasifik tersebut, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan infrastruktur pertemuan. Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono bilang, pihaknya sedang melakukan renovasi dan perluasan kapasitas Bandara Ngurah Rai, Bali yang diharapkan selesai Mei 2013.

Selain itu, pemerintah menyiapkan Bandara Selaparang, di Lombok sebagai bandara cadangan. "Bandara Selaparang bisa dipakai untuk parkir pesawat-pesawat kepala negara," jelas Bambang.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu bilang, dalam KTT APEC tersebut, akan dilakukan pagelaran seni dan kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×