kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,04   1,90   0.20%
  • EMAS1.042.000 1,26%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ridwan Kamil Lapor Wapres, 13.000 Orang Mengungsi Akibat Gempa Cianjur


Selasa, 22 November 2022 / 16:54 WIB
Ridwan Kamil Lapor Wapres, 13.000 Orang Mengungsi Akibat Gempa Cianjur
ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) saat meninjau korban gempa di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Ridwan Kamil juga meninjau kondisi RSUD dan lokasi gempa lainnya. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi


Sumber: Kompas TV | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melapor kepada Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin terkait bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Adapun laporan ini disampaikan Ridwan Kamil secara langsung melalui panggilan video, Selasa (22/11/22).

Ridwan Kamil mengungkapkan menurut catatannya, terdapat 13 ribu jiwa mengungsi akibat bencana gempa Cianjur tersebut.

Sementara itu, dia melaporkan dalam 24 jam terakhir tercatat 162 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut yang telah berhasil dievakuasi.

“(Sebanyak) 70 (orang) yang luka-luka, mayoritas patah tulang, luka-luka robek kulitnya karena tertimpa benda tajam," kata Ridwan Kamil dikutip dari laman wapres.go.id, Selasa.

Baca Juga: Dua Kantor BRI Rusak Karena Gempa Cianjur, BRI Andalkan Layanan E-Buzz

"Ada 13 ribu pengungsi, mohon atensi karena akan mengungsi dalam hitungan hari atau minggu."

Ma'ruf lantas menyakan kepada Gubernur Jabar itu, apakah para pengungsi tersebut telah semuanya berada di lokasi pengungsian. Ridwan menjawab bahwa angka itu berdasarkan pendataan sementara. Sebab, masih ada daerah yang terisolasi.

“Masih berdinamika Pak, karena ada wilayah yang aksesnya masih terisolir. Jadi pagi hari ini alat berat kita maksimalkan untuk menormalisasi jalan dulu, setelah jalan normal kita ada 14 titik tempat pengungsian yang nanti juga (disiapkan) dapur umum,” paparnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga melaporkan mayoritas jalan di Cianjur dan sekitarnya rusa akibat gempa.

"Kemudian paling banyak bangunan warga karena total ada 2.300-an yang rusak, mungkin Pak Wapres bisa bantu nanti arahan ke Kementarian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pak,” ucap Ridwan Kamil.

Baca Juga: Bank BNI Optimalkan Layanan Digital Bagi Nasabah yang di Wilayah Gempa Cianjur

Menanggapi hal tersebut, Wapres pun menyanggupi bahwa dirinya akan menginstruksikan Kementerian PUPR untuk segera memberikan bantuan terkait penanganan infrastruktur, termasuk mengerahkan BNPB.

Lebih lanjut, Ridwan mengungkapkan bahwa hingga pagi ini masih terjadi gempa susulan lebih dari 100 kali.

Artikel ini telah tayang di KompasTV dengan judul Lapor ke Wapres soal Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: 13.000 Orang Mengungsi, 2.300 Bangunan Warga Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×