kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

RI jadi tujuan investasi terbaik kedua di dunia, ini kata Wiranto


Kamis, 25 Oktober 2018 / 17:29 WIB
RI jadi tujuan investasi terbaik kedua di dunia, ini kata Wiranto
KINERJA JOKOWI-JK BIDANG POLHUKAM

Berita Terkait

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia ditetapkan menjadi negara tujuan investasi teraman peringkat kedua di dunia. Menelisik dari sisi stabilitas Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) di Indonesia.

"Tidak mungkin investasi masuk ke negara yang tidak jelas aturannya, hukumnya, dan keamanannya," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat Forum Merdeka Barat (FMB) 9 tentang 4 tahun kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK), Kamis (25/10).


Oleh karena itu, Wiranto mengklaim kondisi Polhukam saat ini dalam kondisi yang baik. Kondisi politik dan keamanan saat ini dinilai stabil serta hukum pun telah ditegakkan dengan baik.

Kondisi yang stabil pun akan berpengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi. Pasalnya kondisi stabil akan membuat bidang lainnya dapat berjalan efektif.

"Ini bisa membuat bidang lain berjalan sukses seperti industri, pariwisata ,dan pemerintahan," terang Wiranto.

Penjagaan situasi kondusif untuk dunia usaha pun dilakukan dengan menjaga kemanan dari ancaman kejahatan siber. Upaya tersebut dilakukan dengan mendirikan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Langkah itu dinilai efektif dengan turunnya jumlah kejahatan siber. Tahun 2016 jumlah kejahatan siber mencapai 6.045 turun menjadi 1.712 pada tahun 2017.

Selain kejahatan siber, kenyamanan berusaha juga dilihat dari penghilangan pungutan liar (Pungli) yang membebani pengusaha. "Kita tim Sapu Bersih (Saber) Pungli untuk menghilangkan Pungli," jelas Wiranto.

Tim Saber Pungli pun dinilai efektif untuk menghilangkan Pungli. Komponen tingkat keamanan tersebut diklaim Wiranto telah terpenuhi sehingga Indonesia dipercaya sebagai negara tujuan investasi teraman kedua.

Sebelumnya Bank Dunia menyebutkan sedikitnya terdapat empat indikator penting yang harus dipenuhi agar menjadi layak sebagai tempat ditanami modal. Keempat indikator itu adalah masyarakat, lingkungan, hubungan luar negeri dan struktur negara. Berdasarkan laporan Bank Dunia itu, US News dan World Report mengidentifikasi 20 negara sebagai tujuan investasi terbaik di tahun 2018.

Survei itu menempatkan Indonesia di urutan ke-2 negara terbaik untuk berinvestasi. Dikutip dari www.usnews.com, total GDP Indonesia sebesar US$ 932,3 miliar. Sedangkan untuk peringkat negara terbaik dalam segala aspek, Indonesia menempati posisi ke-41.




TERBARU

Close [X]
×