kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reshuffle Kabinet, Ketua PAN Zulkifli Hasan Disebut Akan Jadi Menteri


Rabu, 15 Juni 2022 / 08:55 WIB
Reshuffle Kabinet, Ketua PAN Zulkifli Hasan Disebut Akan Jadi Menteri


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Isu reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo menguat. Bahkan, sumber Kompas.com menyatakan Presiden Joko Widodo akan melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru hasil reshuffle kabinet di Istana Negara pada Rabu (15/6/2022) siang ini.

Kelima orang tersebut akan dilantik pukul 14.00 WIB. "Jam 14.00 WIB. Dilantik dua menteri. Yang tiga wamen," ujar sumber dari pemerintahan saat dikonfirmasi Kompas.com pada Rabu pagi.

Sumber itu juga menyebutkan nama-nama menteri yang di-reshuffle dan penggantinya. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Kemudian, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis belum ada konfirmasi resmi mengenai siapa saja wamen yang akan dilantik.

Pada hari Selasa 14 Juni 2022, Presiden Jokowi memanggil sejumlah tokoh dan pejabat ke Istana Presiden di tengah mencuatnya isu reshuffle kabinet. Nama-nama yang dipanggil ke Istana antara lain mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Siang Ini, Jokowi Lantik Menteri dan Wakil Menteri Baru

Mengutip keterangan di website Sekretariat Kabinet, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menegaskan bahwa kewenangan perombakan atau reshuffle kabinet sepenuhnya ada pada Presiden.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah Presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” kata Seskab menjawab pertanyaan wartawan di Komplek Istana Kepresidenan, Selasa (14/06/2022).

Pramono menambahkan, Presiden Jokowi sudah delapan tahun memimpin kabinet pemerintah dan sangat mengetahui kebutuhan dari kabinetnya.

“(Reshuffle kabinet) itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Maunya kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa Presiden yang tahu. Karena pemerintahan ini kan masih dua tahun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu Presiden yang memutuskan,” pungkasnya.

Namun hari Rabu selalu menjadi hari spesial bagi Jokowi. Presiden Jokowi sering melantik menteri atau pejabat hasil reshuffle kabinet pada hari Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×