kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekrutmen Pegawai IKN Di Ikn.go.id, Cek Perkembangan IKN Terbaru 2023?


Senin, 20 Februari 2023 / 15:40 WIB
Rekrutmen Pegawai IKN Di Ikn.go.id, Cek Perkembangan IKN Terbaru 2023?
ILUSTRASI. Rekrutmen Pegawai IKN Di Ikn.go.id, Cek Perkembangan IKN Terbaru 2023?


Reporter: Adi Wikanto, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai melakukan rekrutmen pegawai non pegawai negeri sipil (PNS). Lalu bagaimana perkembangan IKN terbaru pada Februari 2023?

Perkembangan IKN hingga 2023 terus menunjukkan kemajuan. Selain pembangunan fisik, perkembangan IKN juga bakal terlihat dari sisi sumber daya manusia. 

Mulai hari ini Senin 20 Februari 2023 pukul 16.00 WIB, Otorita IKN mulai melakukan rekrutmen pegawai non PNS. Rekrutmen IKN ini untuk kelompok pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN).

Rekrutmen IKN untuk kelompok PPNPN berlangsung sebentar, hanya 24 Februari 2023. Rekrutmen IKN berlangsung secara online.

Pendaftaran rekrutmen IKN berlangsung melalui www.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN mulai tanggal 20 Februari 2023 hingga 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Otorita IKN Buka Lowongan Kerja PPNPN Tahun 2023, Cek Jurusan yang Dibutuhkan

Jika Anda berminat untuk rekrutmen IKN, penuhi syarat-syarat yang ditetapkan. Berikut syarat-syarat rekrutmen IKN untuk pegawai PPNPN:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4 ;

3. Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar;

4. Sehat jasmani dan rohani;

5. Berkelakuan baik;

6. Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan;

7. Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional;

8. Disiplin dan berintegritas;

9. Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Proyek IKN Minggu Depan

Otorita IKN membuka rekrutmen pegawai PPNPN untuk posisi pekerjaan sebagai berikut:

1. Sekretariat;

2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan;

3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan;

4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan;

5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat;

6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital;

7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam;

8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi;

9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.

Perkembangan IKN Terbaru 2023

Perkembangan IKN hingga Februari 2023 menunjukkan sejumlah kemajuan. Dilansir dari Kompas.com, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis Sumadilaga mengatakan, perkembangan pembangunan IKN secara rata-rata mencapai 22 persen. "Hari ini dari laporan yang saya terima secara rata-rata sekitar 22 persen (pembangunan IKN Nusantara)," kata Danis saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/2/2023).

Danis mengatakan, pembangunan di IKN Nusantara terbagi dua yaitu pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) dan di luar KIPP.  Ia mengatakan, pembangunan di luar KIPP sudah hampir rampung seperti progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sekitar 97 persen dan Embung Mentawir sekitar 99 persen.

"Kemudian di luar KIPP juga bina marga (Kementerian PUPR) juga sudah memulai pembangunan jalan tol, 3 paket itu bervariasi progresnya antara 3 sampai 8 persen," ujarnya.

Sementara untuk perkembangan IKN di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Danis mengatakan, kawasan istana kepresidenan sudah mulai dibangun di antaranya, istana presiden dan lapangan upacara. "Satu, istana presiden dengan lapangan upacara waktu terakhir saya (ke sana) sekitar 5-7 persen, kemudian pembangunan kantor presiden yang berbentuk seperti burung Garuda sama progresnya sekitar itu juga," tuturnya.

Danis melanjutkan, pembangunan kantor di sekitar istana presiden juga tengah dilakukan yaitu kantor Sekretariat Presiden dan kantor Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ia juga mengatakan, di depan lapangan upacara tengah dibangun Sumbu Kebangsaan atau area terbuka. "Tengah dibangun pembangunan sumbu kebangsaan itu adalah area terbuka kawasan terbuka itu progresnya sudah 5-6 persen," kata dia.

Di samping itu, Danis mengatakan, pemerintah juga tengah membangun Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur di kawasan KIPP dan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). "Kemudian kantor Kemenko dari rencana 4 itu sudah mulai 3 bangunan kantor, kemenko 1,2,4 salah satunya kemenko Marves, sama satu lagi kayaknya masih dalam proses pengadaan," ujarnya.

Terakhir, Danis mengatakan, Kementerian PUPR juga tengah membangun di kawasan 1B di IKN Nusantara untuk mengantisipasi kedatangan para investor. "Kawasan 1B dan 1C kita juga lakukan land development kita sedang siapkan antisipasi datangnya investor," ucap dia.

Itulah informasi rekrutmen pegawai IKN untuk PPNPN yang dibuka mulai hari ini pukul 16.00 WIB serta perkembangan IKN terbaru hingga Februari 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×