kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rekrutmen CPNS tahun 2018, Bekraf buka 100 formasi


Senin, 24 September 2018 / 13:49 WIB

Rekrutmen CPNS tahun 2018, Bekraf buka 100 formasi
Konferensi Pers Penerimaan CPNS 2018 Bekraf

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) pada seleksi CPNS tahun 2018 membuka kesempatan bagi putra-putri bangsa untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Badan Ekonomi Kreatif.

Bekraf saat ini mengemban tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan dan melakukan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di 16 subsektor dari industri kreatif.

Sebanyak 16 subsektor tersebut diantaranya yakni; bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior,desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seninrupa, dan televisi dan radio.

Dicky Djatnika selaku PLT Kepala Biro Umum dan Kepegawaian mengatakan bahwa tahun ini Bekraf membuka formasi CPNS dengan kuota yang sama seperti tahun lalu.

“Bekraf sebagai lembaga baru yang resmi ditetapkan pada tahun 2015, baru pada tahun 2017 diberi kesempatan untuk melakukan rekrutmen formasi sekitar 100 orang dengan pendaftar mencapai 22.000 orang. Tahun ini kita masih buka formasi untuk 100 orang,” katanya dalam acara Konferensi Pers Penerimaan CPNS 2018 Bekraf di Gedung BUMN, Senin (24/9).

Menurutnya, jumlah formasi tersebut merupakan hasil atas analisis internal Bekraf dengan mengacu pada ketentuan yang diatur oleh panitia seleksi nasional. Sedangkan dari segi kebutuhan, Ia mengaku saat ini Bekraf memerlukan setidaknya 540 Aparatur Sipil Negara.

“Secara kumulatif, Bekraf butuh 540 ASN tapi tidak serta merta diberikan sekaligus. Dari jumlah itu baru sekitar 100 PNS dan sisanya adalah Pegawai Tidak Tetap (PTT),” imbuhnya.

Restog Krisna Kusuma selaku Sekretaris Utama Bekraf menambahkan proses rekrutmen ASN pada Bekraf dilakukan bertahap tiap tahun sebagai upaya untuk menciptakan birokrasi yang sehat dan kredibel.

“Meski sebenarnya kebutuhan ASN Bekraf cukup besar, kami lakukan rekrutmen secara bertahap setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan dan saran dari BPK. Kami tidak bisa langsung membuka 300 lebih formasi karena kami selalu lakukan evaluasi setiap tahunnya agar Bekraf menjadi organisasi yang sehat dan kredibel,” terangnya.

Seleksi CPNS tahun 2018, Bekraf akan menjaring 100 putra-putri terbaik bangsa dengan 25 jabatan, empat kriteria formasi (cumlaude, disabilitas, Provinsi Papua dan Papua Barat , dan umum).

Untuk lebih jelasnya mengenai formasi, persyaratan dan tatacara pendaftaran dapat dilihat pada http://www.bekraf.go.id/berita/page/17/pengumuman-seleksi-penerimaan- cpns-bekraf-2018.

Tahapan seleksi terdiri atas:
1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi Kompetensi Dasar (CAT)
3. Seleksi dokumen fisik lamaran
4. Seleksi kompetensi bidang (tes psikotest dan tes kesehatan)


Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Sanny Cicilia

Video Pilihan


×