kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ratusan mobil mewah Raja Salman siap di Bali


Rabu, 01 Maret 2017 / 17:09 WIB
Ratusan mobil mewah Raja Salman siap di Bali


Sumber: Kompas.com | Editor: Rizki Caturini

DENPASAR. Selain menyewa empat hotel mewah di kawasan International Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua, Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud juga telah menyewa 360 kendaraan selama berlibur di Bali, 4-9 Maret.

Kendaraan itu meliputi lebih dari 300 mobil mewah, seperti Alphard, Land Cruiser, hingga Mercy. "Kalau Alphard sekitar 100 unit, Mercy yang disewa ada 20 unit. Ini belum termasuk sewa 20 bus yang berisi 45 kursi per bus serta 45 truk untuk mengangkut barang-barang Raja Salman dan rombongan," kata Ketua DPP Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies Denpasar, Ketut Ardana, Senin (27/2).

Ardana juga menyebutkan, rombongan juga telah memesan sejumlah limusin. Tidak semua mobil yang disewa berasal dari Bali, salah satunya diambil dari Banyuwangi. Mobil limusin, misalnya, jumlahnya di Bali tidak mencukupi untuk disewa rombongan Raja Salman sehingga harus dibawa dari luar Bali.

Ardana menambahkan, rombongan Raja Salman sudah menyewa empat hotel di Bali, yaitu Saint Regis, Hilton, Ritz Carlton, dan Laguna. Menurut dia, tarif hotel tersebut mencapai ribuan dollar AS per malam.

"Di empat hotel tersebut, semua kamar akan disewa oleh rombongan Raja Salman. Kalau detail harganya, ya karena ini tamu VVIP, bisa mencapai ribuan dolar per malam. Itu wajar karena tamunya high class," ujar Ardana.

Ardana berharap, kedatangan Raja Salman bisa menggenjot kunjungan wisatawan asal Timur Tengah ke Pulau Bali. Menurut dia, sepanjang tahun 2016, ada hampir 50.000 wisatawan asal Timur Tengah yang datang berlibur ke Pulau Bali.

Sementara itu, pada Januari 2017, sudah ada sekitar 4.300 wisatawan Timur Tengah yang masuk ke Pulau Bali. Jika dirata-rata, maka ada peningkatan sekitar 3% jumlah wisatawan Timur Tengah yang datang ke Bali.

"Semoga kedatangan Raja Salman sebagai kepala negara untuk berlibur ke Bali akan menambah jumlah kunjungan wisatawan asal Timur Tengah sehingga pariwisata di Bali semakin maju," tuturnya.

Rombongan Raja Salman diperkirakan berjumlah 1.500 orang, termasuk 25 pangeran dan 10 menteri dengan menggunakan tujuh pesawat. Rencananya, Raja Salman akan menghabiskan waktu liburan di Bali hingga tanggal 9 Maret 2017.

Saat ini, 396 ton barang-barang milik rombongan Raja Salman diangkut melalui Bandara Ngurah Rai, termasuk mobil pribadi yang akan digunakan selama ada di Bali dan eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat.

(Ira Rachmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×