kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45960,78   1,83   0.19%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ratusan Jemaah Umrah Kembali Diberangkatkan dari Bandara Kertajati


Minggu, 27 November 2022 / 07:36 WIB
Ratusan Jemaah Umrah Kembali Diberangkatkan dari Bandara Kertajati
ILUSTRASI. Penerbangan perdana umrah dari Bandara Kertajati, Jawa Barat.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemberangkatan jemaah umrah kini bisa dari Bandara Kertajati. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung keberangkatan penerbangan jemaah umrah yang kedua dari Bandara Kertajati.

Sabtu (26/11), diberangkatkan sebanyak 375 jemaah umrah menggunakan pesawat Lion Air JT 068 (Airbus 330-300) langsung menuju Bandara Madinah.

Sebelumnya, pada 20 November 2022 lalu telah diberangkatkan sebanyak 224 jemaah umrah menggunakan pesawat Garuda Indonesia (Airbus 330-300) langsung menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Jemaah umrah yang berangkat menggunakan kedua maskapai tersebut berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat. Diantaranya Cirebon, Indramayu, Kuningan, serta Majalengka.

“Saya bahagia warga Jabar bisa berangkat umrah dari Bandara Kertajati. Apa yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan kekuatan Bandara Kertajati," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/11).

Baca Juga: Meski Dibayangi Resesi, Perjalanan Umrah Akan Tetap Bergairah pada Tahun Depan

Selain warga Jabar, Budi Karya juga mengajak masyarakat di sekitar Jawa Barat, khususnya yang bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat, untuk berangkat umrah dari Bandara Kertajati.

“Selain lebih dekat daripada harus ke Bandara Soekarno Hatta, di Bandara Kertajati juga relatif tidak padat,” ucap Menhub.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung upaya mengembalikan kembali operasional penerbangan di Bandara Kertajati pasca pandemi.

Sebagai informasi, Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki jemaah umrah tertinggi se-Indonesia. Potensi jemaah umrah asal Jawa Barat dalam satu musim atau delapan bulan dapat mencapai 70.000 orang.

Sebelumnya penerbangan umrah pernah dioperasikan dari Bandara Kertajati pada 2018 dan 2020 sebelum terhenti akibat pandemi Covid-19.

Diharapkan penerbangan umrah dapat berjalan secara berkelanjutan di Bandara Kertajati. Dengan selesainya pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan rampung akhir tahun ini, diharapkan pula Bandara Kertajati semakin ramai dan kompetitif.

Baca Juga: Lion Air Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati ke Madinah Mulai Sabtu (26/11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×