kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya potensi besar, Rabu Hijrah dorong RUU Ekonomi Syariah segera masuk Prolegnas


Minggu, 13 Desember 2020 / 18:44 WIB
Punya potensi besar, Rabu Hijrah dorong RUU Ekonomi Syariah segera masuk Prolegnas
ILUSTRASI. RUU Ekonomi Syariah


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Sebagai sektor yang sudah hadir di Indonesia sejak 1991, ekonomi Syariah telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Namun demikian, sampai hari ini, perangkat regulasi perundang-undangan yang mengatur hal tersebut masih terbatas.

Padahal, Indonesia merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan memiliki potensi ekonomi Syariah yang sangat besar pula. Hal ini didukung dengan jumlah penduduk Muslim di Indonesia yang terbesar di dunia, yaitu 87% dari total 267 juta jiwa.

Menyadari bahwa potensi ekonomi Syariah yang besar tersebut, Para komunitas penggiat ekonomi syariah bernama Rabu Hijrah mendukung terwujudnya RUU Ekonomi Syariah yang akan menjadi UU payung (umbrella act) yang menaungi semua UU sektoral di bidang ekonomi Syariah.

Perlu diketahui, Rabu Hijrah merupakan Perkumpulan Pemuda Islam yang terdiri dari Aktivis, Remaja Masjid, Pegiat Komunitas, dan Pengusaha yang fokus terhadap isu dan gerakan Kebangkitan Ekonomi Umat.

Pada hari Jumat (11/12), Rabu Hijrah melakukan audiensi bersama Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan dan Rachmat Gobel, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bidang Industri dan Pembangunan. 

Tujuan dari audiensi ini adalah untuk menyerahkan Naskah Akademik dan Konsepsi RUU Ekonomi Syariah serta meminta dukungan terhadap RUU Ekonomi Syariah agar bisa masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas.

Dalam audiensi ini, Arief Rosyid Hasan, Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri yang juga merupakan Ketua Pemuda DMI dan Penggagas Rabu Hijrah mengatakan, selama ini, peraturan tentang ekonomi Islam masih jalan sendiri-sendiri, oleh sebab itu perlu ada suatu Undang-undang yang memanyungi semuanya. 

"Selain itu, perlu ada dorongan serta dukungan dari pemerintah agar Indonesia tidak kalah saing dengan negara lain dalam hal ekonomi Syariah” kata Arief.

Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan menyatakan, pihaknya dirinya siap mendukung RUU ini. Yang terpenting adalah memastikan bahwa RUU ekonomi Syariah ini harus pro terhadap UMKM dan memprioritaskanya. "Karena selama ini kontribusi lapangan pekerjaan dan ekonomi negara terbanyak berasal dari UMKM.” Wakil Ketua dari Fraksi Partai Golkar.

Kata dia, nantinya, RUU Ekonomi Syariah juga harus mendorong sosialisasi yang lebih luas bahwa membayar zakat dapat mengurangi pajak. Turut hadir dalam audiensi ini Phirman Rezha, Chairman Rabu Hijrah, Puteri Komarudin, Anggota Komisi XI DPR RI, serta beberapa milenial penggiat ekonomi Syariah.

Seirama dengan Azis Syamsuddin, Rachmat Gobel, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bidang Industri dan Pembangunan mengatakan bahwa RUU Ekonomi Syariah ini harus didukung guna mendorong berkembangnya pengusaha muda Islam dan UMKM di Indonesia.

“Saya ingin banyak program yang mengedepankan usaha-usaha lokal, terutama pada pengusaha muda dan UMKM,” ujarnya.

Selain itu, Rachmat memberikan saran agar adanya peta potensi ekonomi dan usaha pemuda Islam sebagai upaya pengembangan ekonomi Indonesia ke depannya.

Pada akhirnya, akselerasi Ekonomi Syariah memerlukan setiap sektor dan lini masyarakat untuk bahu-membahu demi tercapainya potensi yang maksimal dan berpihak pada rakyat. Kedepannya, Azis Syamsuddin dan Rachmat Gobel siap mendampingi dan mendukung Rabu Hijrah dalam menyuarakan substansi RUU Ekonomi Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×