kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puncak Penukaran Uang Lebaran Diperkirakan Minggu Depan, BI Akan Tingkatkan Layanan


Jumat, 22 April 2022 / 15:28 WIB
Puncak Penukaran Uang Lebaran Diperkirakan Minggu Depan, BI Akan Tingkatkan Layanan
ILUSTRASI. Seorang warga mengangkat uang pecahan hasil penukarannya yang digelar oleh sejumlah bank di Lapangan Parkir IRTI, Monumen Nasional, Jakarta, Senin (06/08). Puncak Penukaran Uang Lebaran Diperkirakan Minggu Depan, BI Akan Tingkatkan Layanan.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memperkirakan puncak penukaran uang untuk keperluan Idul Fitri 2022 akan terjadi pada akhir minggu ini hingga awal minggu depan. 

Dalam hal ini, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan BI akan meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Lebaran Masyarakat. 

“Akhir minggu ini hingga awal minggu depan mereka sudah akan bersiap mudik sehingga mulai mempersiapkan uang tunai (untuk angpao). Makanya, kami tingkatkan layanan untuk melayani masyarakat,” tutur Marlison saat ditemui awak media, Jumat (22/4) di komplek Bank Indonesia (BI) Pusat. 

Baca Juga: BI Catat Ada 21.000 Orang yang Sudah Tukarkan Uang untuk Kebutuhan Lebaran

Marlison menjabarkan, upaya yang akan dilakukan bank sentral dalam meningkatkan layanan.

Pertama, BI akan menambah kuota penukar harian lewat mobil kas keliling, dari yang awalnya 250 orang per titik atau per satu mobil keliling, maka minggu depan akan ditingkatkan minimal 300 penukar. 

Kedua, BI akan menambah titik layanan. Saat ini, rata-rata jumlah layanan adalah 3 titik, maka pada minggu depan akan ditambah 5 titik. Belum lagi, BI akan menambah layanan kolektif kelembagaan atau institusi. 

Ketiga, tambahan waktu penukaran. Dalam hal ini, BI akan membuka layanan penukaran pada hari Sabtu (23/4) dan Minggu (24/4) besok dan akan dibuka mulai pukul 9 pagi hingga jam 2 siang. 

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, Bank Danamon Sediakan Layanan Penukaran Uang Kertas

Keempat, adanya inovasi yang makin memudahkan masyarakat dalam menukar uang. “Di beberapa daerah kini sudah ada variasi penukaran, seperti adanya layanan drive thru. Intinya bagaimana kita menjangkau masyarakat sebanyak-banyaknya,” tandas Marlison. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×