Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat penjualan tiket KA Jarak Jauh dari Jakarta telah terjual 100% menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, penjualan tiket 100% berlangsung sejak 26 April s.d 1 Mei atau H-6 s.d H-1 Lebaran. Pada periode tersebut terdapat rata-rata 21.140 pelanggan per hari dengan rata-rata 28 perjalanan KA per hari.
Adapun penjualan tiket KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir telah mencapai 100% pada 28 hingga 30 April atau H-4 s.d H-2 dengan rata-rata 17.233 pelanggan per hari serta terdapat 35 perjalanan KA per hari. KAI mencatat pada keberangkatan H-1 di Stasiun Gambir, pantauan sampai dengan 30 April pukul 07.00 okupansinya telah mencapai 99%.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tiket untuk masa pra lebaran dari Jakarta memang sudah cukup banyak terjual. Meski demikian, tiket untuk perjalanan pasca lebaran dari Jakarta ke berbagai daerah masih cukup banyak tersedia.
Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Volume Kendaraan Melalui Tol Trans Sumatera Melonjak 200%
Secara umum, okupansi KA Jarak Jauh untuk ke berbagai daerah pada 28 s.d 30 April atau H-4 s.d H-2 telah terjual sebanyak 99% dengan total pelanggan yaitu 361.631 pelanggan. Adapun rinciannya adalah volume pelanggan KA Jarak Jauh pada H-4 yaitu 114.837 pelanggan (96% okupansi), H-3 sebanyak 126.398 pelanggan (104% okupansi), dan H-2 sebanyak 120.396 pelanggan (99% okupansi).
“Sejauh ini volume tertinggi pada masa pra Lebaran adalah keberangkatan 29 April atau H-3 Lebaran dengan volume 126.398 pelanggan atau okupansi 104% dikarenakan adanya penumpang dinamis. Adapun rute-rute favoritnya yaitu dari Jakarta ke Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan lainnya,” ujar Joni dalam keterangan resminya, Minggu (1/5).
Joni bilang, antisipasi yang dilakukan KAI dalam menghadapi puncak mudik tersebut adalah dengan mengoperasikan 214 perjalanan KA pada H-3, naik 5% dibanding H-10 sebanyak 204 perjalanan KA.
“Kapasitas tempat duduk yang disediakan juga meningkat 6% menjadi 121.759 tempat duduk,” tambah Joni.
Kesiapan lainnya yaitu dengan terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News