kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pujian Sri Mulyani untuk Basuki Hadimuljono: Bapak Pembangunan Indonesia Sesungguhnya


Kamis, 08 Desember 2022 / 08:49 WIB
Pujian Sri Mulyani untuk Basuki Hadimuljono: Bapak Pembangunan Indonesia Sesungguhnya
ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendapat pujian dari Menteri Keuangan Sri Mulyani atas pembangunan infrastruktur di Indonesia.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendapat pujian dari Menteri Keuangan Sri Mulyani atas pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan selama ini. 

Sri Mulyani bahkan menyebut Basuki dengan istilah 'the truly' bapak pembangunan Indonesia atau bapak pembangunan sesungguhnya. 

"Saya ingin berterima kasih pada kepemimpinan Pak Bas dan seluruh jajarannya. Pak Bas adalah the truly bapak pembangunan Indonesia," ungkapnya dalam acara Seremoni Serah Terima BMN Kementerian PUPR 2022, Rabu (7/12/2022). 

Ia mengatakan, Kementerian PUPR yang dipimpin Basuki Hadimuljono, merupakan salah satu kementerian yang mendapatkan anggaran cukup besar setiap tahunnya. Anggaran itu digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur. 

Aset-aset infratruktur itu pun telah dihibahkan Kementerian PUPR ke pemerintah daerah, kementerian lainnya, hingga lembaga atau yayasan. Pada 2019, hibah aset infrastruktur Kementerian PUPR ke daerah nilainya mencapai Rp18,3 triliun. 

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Kembali Dorong Pemda Belanjakan Dana Mengendap di Bank

Lalu pada 2020, hibah aset infrastruktur mencapai Rp 14,3 triliun, serta pada 2021 hibah aset infrastruktur melonjak menjadi sebesar Rp 233 triliun. 

Lonjakan itu dikarenakan pada tahun lalu aset yang dihibahkan mencakup jalan raya yang dibangun Kementerian PUPR dan diberikan ke pemerintah daerah. 

"Ini triliunan. Ini uang beneran, barang beneran yang diberikan kepada berbagai kementerian hingga lembaga atau yayasan," kata Sri Mulyani. 

Bendahara negara itu mengungkapkan, seringkali masyarakat tak memahami penggunaan anggaran dalam APBN. 

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Dana Pemda Sekitar Rp 100 Triliun Masih Mengendap di Bank

Terlebih, bila uang negara tersebut digunakan untuk belanja yang hasilnya tidak terlihat secara fisik, seperti untuk gaji guru, bantuan sosial, hingga subsidi. 

Namun, dengan adanya pembangunan infrastruktur yang dikerjakan Kementerian PUPR, maka akan membantu masyarakat untuk memahami dan melihat secara langsung hasil dari penggunaan uang negara. 

"Waktu menjelaskan APBN yang cuma melihat angka, orang biasanya enggak connect, tapi begitu dia melihat hasilnya adalah jalan raya, bendungan, ruang kelas, akses jalan, orang baru merasa APBN itu hidup angkanya, dengan melihat hasilnya," kata dia. 

"Jadi dalam hal ini, tugas Pak Bas yang sangat penting bagi kami adalah menjembatani dan menolong untuk mengkomunikasikan anggaran pendapatan belanja dan keuangan negara secara konkret. Terima kasih Pak Bas dan seluruh jajarannya," tambah Sri Mulyani.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: Basuki Hadimuljono Bapak Pembangunan Indonesia Sesungguhnya"
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×