kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Progres Pembangunan IKN Tahap I Capai 71,47%


Selasa, 30 Januari 2024 / 14:08 WIB
Progres Pembangunan IKN Tahap I Capai 71,47%
ILUSTRASI. Otorita Ibu Kota Nusantara menyampaikan pembangunan infrastruktur dasar tahap I telah mencapai lebih dari 70%.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyampaikan pembangunan infrastruktur dasar tahap I telah mencapai lebih dari 70%.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan, lokasi upacara di IKN sudah bisa digunakan untuk upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Kemudian, juga akan ada memorial park di Sumbu Kebangsaan. Nantinya, memorial park akan menjadi tempat penghormatan pahlawan, yang di dalamnya juga terdapat patung Soekarno - Hatta. 

"Progres tahap I secara keseluruhan 71,47%," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam konferensi pers, Selasa (30/1). 

Baca Juga: Sejumlah Perbankan Bakal Groundbreaking di IKN, Salah Satunya Bank Mandiri

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, konstruksi infrastruktur dasar IKN tahap I yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden.

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN. 

Untuk air bersih, tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku. Selanjutnya juga ditargetkan penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum termasuk jaringan distribusinya ke beberapa kawasan di IKN pada 2024. 

Baca Juga: Bos Otorita Beberkan Taget Investasi IKN Hingga Proyek Groundbreaking Awal 2024

Sementara untuk konektivitas, Danis menyebut saat ini tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. 

Untuk tahap pertama, Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi kurang dari satu jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×