kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Tembus Pasar Eropa di Awal 2023


Rabu, 22 Februari 2023 / 22:33 WIB
Produk Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Tembus Pasar Eropa di Awal 2023
Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) hadir Exhibition Umami Arena yang diadakan di Nova Spektrum, Lillestrom, Norwegia??pada 14 ? 17 Februari 2023


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keseriusan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) untuk memperluas target pasar mitra binaan berbuah manis. Koperasi Wanita Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) yang merupakan mitra binaan Askrindo ini terus berkembang pesat sejak bergabung dengan Askrindo di tahun 2018. 

Setelah terpilih dan juga atas dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, rendang Ikaboga menuai kesempatan emas untuk tampil dalam Exhibition Umami Arena yang diadakan di Nova Spektrum, Lillestrom, Norwegia.

Umami Arena merupakan festival bergengsi bagi para pelaku usaha Food and Beverage (FnB) dari seluruh dunia. Sebanyak 405 exhibitors dari 17 negara hadir di Nova Spektrum, Norwegia, untuk saling unjuk produk unggulan mereka. 

Baca Juga: Perluas Jangkauan Jaringan, BNI Sudah Jalin Kerja Sama dengan 14 BPD

Festival yang diadakan setiap 3 tahun sekali ini berhasil menarik minat 25.000 pengunjung sejak dimulai pada 14 – 17 Februari 2023.  Ida Nusanti, Ketua Ikaboga, mengatakan bahwa perjalanan menembus pasar Eropa di awal tahun 2023 tidak mudah. 

“Kami harus memastikan ketahanan bumbu serta packaging aman, dan menyesuaikan cita rasa lidah masyarakat Eropa yang tidak terlalu pedas tapi tetap mempertahankan rasa otentik Sumatra Barat, yang merupakan persyaratan ekspor di wilayah Eropa,” ujar Ida dalam siaran pers Askrindo, Rabu (22/2). 

Sebelumnya, kegigihan anggota menyesuaikan standar pasar Eropa dengan mengekspor 1 ton bumbu rendang untuk diekspor ke Norwegia dan nyatanya menghantarkan rendang Ikaboga melaju ke kancah internasional. Ikaboga juga telah membuat 1.000 bungkus rendang dengan ukuran 250 gram berhasil dikirim ke Norwegia.

Priyastomo, Direktur Utama Askrindo, mengatakan bahwa akses permodalan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM di Indonesia. 

Baca Juga: Bank Mandiri Bersama Yokke dan DOKU Kembali Gelar Event UMKM Merah Putih 2022

“Tidak semua UMKM bersifat bankable sehingga masih kesulitan mengakses modal dari lembaga perbankan. Program Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) Askrindo ini tidak hanya membantu pada akses permodalan saja, namun Askrindo membantu dalam sisi pemasaran, pelatihan hingga pendampingan UMKM dengan tujuan Mitra Binaan Askrindo mampu naik kelas,” ujar Priyastomo. 

Dalam kegiatan Umami Arena, Askrindo memberikan pendampingan secara langsung yang diwakilkan oleh Nur Aini, Kepala Bagian Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×