kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS937.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Presiden Jokowi bakal pimpin peluncuran penyaluran program bansos 2021


Minggu, 03 Januari 2021 / 11:09 WIB
Presiden Jokowi bakal pimpin peluncuran penyaluran program bansos 2021
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kanan)

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan memimpin peluncuran penyaluran program Bantuan Sosial (Bansos) 2021 pada awal bulan ini. 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Tubagus Achmad Choesni mengatakan, rencana peluncuran program bansos tersebut akan dilaksanakan pada 8 Januari 2021. 

Menurut dia, paling lambat peluncuran tersebut akan dilaksanakan pertengahan Januari, yakni 14 Januari 2021. 

"Peluncuran penyaluran Bansos 2021 akan dilakukan secara offline dan online. Peluncuran ini akan langsung dipimpin Presiden dan diikuti para menteri, kepala lembaga, dan pihak terkait lainnya," ujar Choesni saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Eselon 1 membahas Bansos Tahun 2021 secara daring, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Minggu (3/12). 

Baca Juga: Ingat, ada tiga bansos yang bakal disalurkan mulai besok (4/1)

Choesni menambahkan, penyaluran bansos yang dilaksanakan awal tahun tersebut dilakukan untuk mengungkit kemampuan ekonomi, daya beli, dan konsumsi rumah tangga masyarakat. 

Rencananya, peluncuran bansos tersebut juga dilakukan secara terpadu. Program bansos yang diluncurkan nantinya terdiri dari program reguler dan non reguler. 

Program bansos reguler antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Sembako kepada 18,8 juta KPM yang disalurkan Himbara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), serta diskon listrik pengguna 450 VA dan 900 VA melalui sistem PLN jika pasca bayar atau pemberian token listrik bila prabayar. 

Sementara itu, program bansos non reguler antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 10 juta KPM yang disalurkan PT Pos dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 8 juta KPM yang disalurkan pemerintah desa. 

Bansos non reguler tersebut sebelumnya telah diberikan pada tahun 2020 sebagai bansos dampak pandemi Covid-19. "Kami harus pastikan dengan persiapan matang, nanti kami siapkan dulu teknisnya sehingga launching yang akan dilakukan oleh Presiden dan para menteri bisa berjalan lancar," pungkas Choesni. (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Akan Pimpin Peluncuran Penyaluran Program Bansos 2021".

 

Selanjutnya: Pemerintah memastikan subsidi listrik terus berlanjut di 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×