kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

PPKM Level 4 diperpanjangan di 21 provinsi luar Jawa-Bali


Selasa, 03 Agustus 2021 / 04:17 WIB
PPKM Level 4 diperpanjangan di 21 provinsi luar Jawa-Bali
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan PPKM Level 4 dilanjutkan di 21 provinsi dengan 25 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa-Bali.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dilanjutkan di 21 provinsi dengan 25 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa-Bali. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Perpanjangan PPKM Level 4 tersebut dilakukan usai masih tingginya angka penularan varian Delta. PPKM pada daerah-daerah itu diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021. 

"Kami mengkonsentrasikan pada kabupaten yang naik di luar Jawa-Bali di 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota yang (PPKM) level 4 dan ini dilanjutkan," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021). 

Airlangga menjelaskan, ada 5 provinsi dengan kenaikan kasus Covid-19 tertinggi, yakni Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat. 

Baca Juga: Mengapa PPKM Level 4 dilanjutkan sampai 9 Agustus 2021? Begini penjelasan Jokowi

Kota lain dengan kasus lonjakan Covid-19 varian Delta adalah Medan, Sumatera Utara, Makassar, Banjarmasin, kota Pekanbaru Kota Banjarbaru, kota Tarakan dan Jayapura. Di tingkat kabupaten adalah Sika, Berau, dan Belitung. 

"Ini adalah daerah-daerah yang kenaikan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah tersebut," ucap dia. 

Sedangkan, beberapa provinsi yang sudah mengalami penurunan kasus, yaitu NTT kecuali Kabupaten Sikka, Lampung, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Kepri, dan Kalteng. 

Baca Juga: PPKM Level 4 dilanjutkan, lampu merah buat kinerja industri pengolahan & perekonomian

Adapun berdasarkan pemantauan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, ada beberapa daerah yang menerapkan penggunaan masker sudah cukup baik dan ada beberapa daerah yang belum menerapkan secara baik. 

"Yang rendah yakni Padang, Sorong, Musirawas, Jayapura sedangkan yang tertinggi adalah Mimika, Bontang, kemudian di Pekanbaru, Lubuk Linggau dan Bulungan," pungkas Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 di 21 Provinsi Luar Jawa-Bali"
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Bambang P. Jatmiko

 

Selanjutnya: Selain Jawa dan Bali, ada 45 kabupaten/kota yang terapkan PPKM Level 4

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×