kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Potensi lockdown, epidemiolog: Saat ini seharusnya sudah dilakukan


Kamis, 07 Januari 2021 / 23:21 WIB
Potensi lockdown, epidemiolog: Saat ini seharusnya sudah dilakukan
ILUSTRASI. Warga melakukan rapid tes antigen secara mandiri di Jakarta,

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ahli epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menilai, lockdown atau karantina wilayah sudah waktunya diterapkan di Indonesia.

Itu lantaran pandemi tak kunjung mereda, bahkan kasus Covid-19 cenderung mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir.  

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung soal potensi menerapkan lockdown sebagai akibat dari lonjakan kasus pandemi di Indonesia.

"Memang situasinya sudah perlu. Kalau dari indikator, sebenarnya saat ini pun harusnya sudah bisa dilakukan lockdown," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/1).

Kendati demikian, ia menilai bahwa pemerintah pasti memiliki pertimbangan lainnya sehingga tak kunjung menerapkan lockdown.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Kamis (7/1): Bertambah 9.321 kasus baru, ingat selalu 3 M

Hal ini yang menurut Dicky, menimbulkan perbedaan antara pertimbangan pemerintah dengan epidemiolog terkait lockdown. Ia sendiri berpendapat, berdasarkan data atau indikator, Indonesia seharusnya bisa berkaca pada kasus di Australia.

"Lihat saja, misalnya di Australia, ketika dilakukan lockdown, kasusnya tidak sebanyak Indonesia yang kasusnya sudah 40.000 per hari," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung soal kemungkinan Indonesia lockdown sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang belum kunjung membaik.

Hal itu disampaikan saat berbicara dalam rapat terbatas bersama menteri dan gubernur yang disiarkan dalan live Instagram Sekretariat Presiden, Rabu (6/1/2021).

Mula-mula, Jokowi meminta semua pihak untuk bekerja keras dan mati-matian dalam mengurangi dan menghentikan dampak pandemi. Kemudian, dia menyinggung perihal survei terakhir yang dilakukan pemerintah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×