kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,63   -3,01   -0.30%
  • EMAS962.000 0,73%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pos Indonesia Targetkan Penyaluran BLT Minyak Goreng Selesai Seminggu Sebelum Lebaran


Sabtu, 09 April 2022 / 13:04 WIB
Pos Indonesia Targetkan Penyaluran BLT Minyak Goreng Selesai Seminggu Sebelum Lebaran
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada sejumlah pedagang kecil dan penerima di Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Kota Jambi, Kamis, 7 April 2022. 


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda penerima bantuan langsung tunai siap-siap pemerintah bakal kembali menyalurkan bantuan minyak goreng. Kali ini, penyaluran akan melalui PT Pos Indonesia. 

Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) berupa minyak goreng akan disalurkan dalam bentuk uang kas senilai Rp 100.000 per bulan. Nantinya, bantuan langsung tunai tersebut diberikan sekaligus tiga bulan yakni untuk bulan April, Mei, Juni sehingga total yang diterima per kader pembangunan manusia (KPM) senilai Rp 300.000. 

Peluncuran perdana program BLT minyak goreng dilakukan di Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Jambi pada pekan ini, Kamis, 7 April 2022. "Pagi hari ini saya datang ke Pasar Angsa Duo di Provinsi Jambi dalam rangka memberikan BLT Minyak Goreng senilai Rp 300.000. Semoga ini bisa meringankan rakyat, terutama pedagang kaki lima yang berjualan gorengan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ada di lokasi.

Baca Juga: Kemensos Siap Menyalurkan BLT Minyak Goreng

Jokowi berharap penyaluran BLT minyak goreng bisa disalurkan ke seluruh provinsi di Tanah Air seminggu sebelum Lebaran. 

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi optimistis mampu mencapai target sesuai arahan Presiden. 
"Kami harus bergerak cepat karena target sebelum Hari Raya Idul Fitri harus selesai disalurkan kepada 20,65 juta KPM di seluruh Indonesia. Kami juga menyalurkan bansos sembako di 83 kabupaten/kota senilai Rp 200.000 per KPM. Total Rp 500.000 yang diterima KPM," ucap Faizal. Dia yakin, target tersebut bisa tercapai sebab pada penyaluran bansos kartu sembako dalam dua minggu telah tercapai 92%. 

Untuk mencapai target, Pos Indonesia menerapkan tiga metode penyaluran, yakni melalui Kantor Pos, komunitas, dan disalurkan langsung ke rumah KPM (door to door). "Berbekal pengalaman triwulan I, penyaluran di daerah yang sulit bukan di akhir, justru dilakukan di awal agar lebih cepat. Untuk daerah yang sulit kami bekerjasama dengan komunitas gereja, seperti di Papua, karena lebih mudah mengumpulkan warga," kata Faizal.

Pos Indonesia mengerahkan 13.000 personel untuk mempercepat penyaluran BLT minyak goreng di seluruh Indonesia. Personel tersebut meliputi karyawan organik maupun tenaga tambahan. 

"Kami punya waktu penyaluran tiga minggu, diharapkan bisa melampaui 90%," ujar Faizal.  

Baca Juga: 20,65 Juta KPM dan 2,5 Juta PKL Akan Menerima BLT Minyak Goreng Rp 300.000

Sekjen Kemensos Harry Hikmat menambahkan kembali memilih Pos Indonesia untuk menyalurkan bansos karena memang terbukti lebih cepat dan efisien dibandingkan menggunakan jasa Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×