kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pos Indonesia Catat 5,72 Juta KPM Telah Terima BLT Minyak Goreng


Minggu, 17 April 2022 / 15:04 WIB
Pos Indonesia Catat 5,72 Juta KPM Telah Terima BLT Minyak Goreng
ILUSTRASI. Pos Indonesia Catat 5,72 Juta KPM Telah Terima BLT Minyak Goreng


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dari Presiden yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia di hari ketiga sudah menembus angka 5,72 juta penerima. Untuk di satu hari kemarin saja, Jumat (15/4) hingga pukul 21.00 PT Pos Indonesia mampu menyalurkan BLT kepada 2,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Bisnis Jaringan & Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus mengatakan, dua hari penyaluran PT Pos Indonesia mendapat hasil luar biasa, target untuk hari ketiga Pos Indonesia bisa menyalurkan kepada 3 juta KPM dalam sehari.

“Jadi kalau ada berita muncul banyak kendala, sebenarnya bukan kendala. Antrean itu terjadi karena masyarakat sangat antusias, jadi saat mereka datang ke kantor pos dan terjadi antrean yang mengular itu hal yang biasa,” kata Charles, Sabtu (16/04).

Charles juga memastikan bahwa isu yang beredar terjadi masalah pada sistem server PT Pos Indonesia dan kendala petugas di lapangan yang kekurangan uang tunai itu tidak benar. Ia mengklaim bahwa sistem Pos Indonesia sudah memiliki backup yang baik, bahkan tetap berjalan meski dalam keadaan offline.

Baca Juga: Bisnis Logistik Moncer, Adi Sarana Armada Incar Pertumbuhan Kinerja 30% di Tahun 2022

Sementara itu, koordinasi dengan pemerintah daerah baik kabupaten dan kota juga terus dilakukan oleh PT Pos Indonesia, Charles menyebut saat ini memang beberapa daerah belum bisa dilaksanakan penyaluran sebab permintaan sendiri dari pemerintah untuk penyaluran dimulai di hari Senin (18/4).

“Beberapa daerah memang belum mulai, itu karena koordinasi dengan pemda setempat yang meminta untuk penyaluran mulai di hari Senin, karena sejak Jumat kan pemerintahan libur,” ujar Charles.

Sementara itu Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penyaluran Dana BLT 2022 PT Pos Indonesia, Hendra Sari mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PT Pos Indonesia akan kebut penyaluran BLT minyak goreng agar target 20,65 juta KPM dapat tercapai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

“Dalam dua hari penyaluran kita sudah capai 4 juta penyaluran kepada KPM. Ini data akumulasi seluruh Indonesia, sesuai arahan Presiden target 20,65 juta KPM bisa selesai sebelum hari raya Idul Fitri,” kata Hendra, Jumat (15/4).

Baca Juga: Masih Marak Beroperasi, OJK Blokir 105 Pinjol Ilegal Per Maret 2022, Ini Daftarnya

Meski dalam kondisi puasa ramadan petugas penyalur yang mencapai 13.000 petugas baik dari karyawan PT Pos Indonesia dan petugas bantu yang direkrut untuk penyaluran BLT minyak goreng ini tetap bekerja maksimal hingga melakukan kerja lembur.

Dalam penyaluran yang dilakukan PT Pos Indonesia menggunakan tiga metode agar penyaluran lebih maksimal. Tiga metode yakni penyaluran langsung ke rumah KPM atau door to door, melalui komunitas, dan melalui kantor pos terdekat. Sementara terkait dengan strategi penyaluran dikarenakan banyak KPM yang tinggal di daerah terpencil bahkan di daerah terluar atau perbatasan, PT Pos memiliki strategi khusus untuk wilayah-wilayah tersebut.

“Pengalaman sebelumnya, kali ini untuk pembagian di wilayah terpencil dan terjauh kami dahulukan untuk menghemat waktu. Lanjut untuk wilayah yang mudah dijangkau akan dikerjakan setelah itu karena tidak membutuhkan waktu lebih banyak,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×